3 Manfaat Hebat Sambal Bagi Kesehatan

sambal tomat

Sahabat cantik, Siapa yang suka sambal? Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan berbumbu yang pedas. Rasanya makan tidak lengkap tanpa sambal. Mulai dari masakan Padang, lalapan Sunda, masakan Bali dan hampir semua wilayah Indonesia memiliki masakan khas yang pedas dan memanjakan lidah.

Dalam porsi yang tepat dan tidak terlalu banyak, ada banyak manfaat kesehatan dari sambal. Informasi ini dilansir dari Voices Yahoo dan ditulis oleh Kristie Leong M.D, seorang dokter yang tergabung dalam American Medical Association.

  1. Sambal bisa cegah kanker : Sambal dapat membantu mencegah kanker karena tomat yang merupakan salah satu bahan sambal kaya akan kandungan lycopene seperti yang terdapat dalam tomat. Lycopene merupakan sumber yang baik dari karotenoid. Karotenoid merupakan antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan) yang dapat melindungi tubuh dari serangan kanker jenis tertentu.
  2. Sambal bisa membuat jantung sehat : Cabai yang menjadi bahan utama sambal dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Hal ini disebabkan karena cabai mengandung serat. Tambahan bawang putih di dalam sambal juga membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dan jantung. Dengan asumsi, lauk yang Anda makan adalah lauk sehat dan rendah lemak, misalnya ayam kampung, daging tanpa lemak dan sebagainya.
  3. Sambal bisa mengontrol gula darah : Sambal biasanya mengandung bawang merah. Bawang merah adalah bahan alami yang mengandung mineral kromium trace yang membantu proses produksi insulin lebih baik. Bawang merah juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dengan demikian, sambal dalam porsi yang tidak terlalu banyak masih bisa dikonsumsi penderita diabetes.

***

Itulah beberapa manfaat sambal. Tapi ingat ya, jangan terlalu banyak, karena mengonsumsi makanan pedas yang berlebih dapat melukai lambung. Selamat makan sambal 🙂

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.