9 Kesalahan Saat Mencuci Rambut

kesalahan dalam mencuci rambut

Banyak yang beranggapan bahwa rambut kusam, sulit diatur, dan berketombe sering disebabkan debu, paparan sinar matahari atau faktor cuaca lain. Nyatanya masalah rambut tersebut juga dapat diakibatkan karena kesalahan saat mencuci rambut!

Kesalahan 1
Anda tidak membasahi rambut secara merata. Agar shampo bekerja baik, Anda harus benar-benar membasahi setiap helai rambut. Oleh karena itu, cobalah membasahi kepala selama kurang lebih empat menit untuk memastikan seluruh rambut sudah terkena air. Selain dapat memaksimalkan kerja shampo, rambut yang tidak dibasahi saat keramas cenderung lebih mudah rusak dan menjadi sulit diatur.

Kesalahan 2
Anda tidak menggunakan shampo dengan kandungan sulfat yang tepat. Terdapat perdebatan oleh para ahli rambut mengenai dampak sulfat. Sebagian mengatakan, kandungan ini dapat mengatasi minyak berlebihan pada kulit kepala, namun sebagian lagi mengklaim bahwa sulfat dapat merusak rambut. Sebagai solusi, gunakanlah shampo dengan kandungan alami seperti sulfat berbasis minyak kelapa yang lebih aman dan dapat menutrisi rambut.

Kesalahan 3
Mencuci rambut tanpa busa yang cukup juga dapat berakibat buruk. Menurut pakar rambut ternama, Beth Minardi, rambut akan sulit bersih secara maksimal jika tidak dicuci dengan busa yang cukup. “Busa menciptakan semacam vakum yang dapat mengisap semua kotoran dari kepala,” kata Minardi.

Kesalahan 4
Menggunakan terlalu banyak shampo dalam sekali pemakaian. Jika Anda pikir ini dapat membuat rambut lebih bersih, Anda salah. Kebiasaan ini justru bisa mengakibatkan rambut kering dan rusak pada jenis rambut tertentu. Cobalah menuangkan shampo sedikit terlebih dulu, jika dirasa kurang Anda bisa menambahkannya sampai mengetahui jumlah takaran shampo yang sesuai.

Kesalahan 5
Tidak fokus pada area yang bermasalah. Ada sebagian orang yang rutin mencuci rambut tapi tetap mendapatkan rambut yang kering dan berminyak. Mungkin hal ini disebabkan karena ia tidak memperhatikan area yang bermasalah. Misalnya, jika rambut Anda merupakan jenis rambut kering, maka cukup fokus pada area kulit kepala saja. Namun apabila rambut Anda berminyak pada area tertentu, tambahkan sedikit shampo di area tersebut.

Kesalahan 6
Mencuci rambut berkali-kali dalam satu waktu sebenarnya tidak diperlukan. Anggapan bahwa mencuci rambut dua kali sekaligus jauh lebih bersih hanyalah mitos belaka. Menurut Minardi, “itu adalah aturan yang dibuat pada tahun 1950-an, ketika wanita saat itu hanya keramas sekali seminggu.” Lagipula, pemakaian shampo secara berlebihan justru dapat mengurangi kelembapan alami rambut Anda.

Kesalahan 7
Menggaruk kepala saat keramas dapat merusak akar dan batang rambut. Ketimbang menggaruk dengan kuku, lebih baik pijat kepala dengan ujung jari agar kandungan shampo meresap maksimal. Teknik pijatan ini juga berfungsi melancarkan peredaran darah pada kulit kepala.

Kesalahan 8
Anda tidak membilas kepala dengan bersih. Busa shampo yang masih tertinggal pada kulit kepala dan rambut dalam waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya serpihan putih layaknya ketombe. Jika hal ini dibiarkan, tumpukan sisa shampo akan membuat rambut rapuh dan rontok.

Kesalahan 9
Hindari memakai pelembap pada kulit kepala. Menggunakan pelembap pada kulit kepala dapat menyebabkan akar rambut menjadi lebih berminyak dan bisa memicu timbulnya ketombe. Sebaliknya, cukup pakai pelembap pada bagian tengah hingga ujung rambut.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.