ADIPONEKTIN ITU APA SICH?

Saat ini telah ditemukan suatu protein yang sangat berperan dalam penyakit kardiovaskuler, yang dikenal dengan nama Adiponektin.

Jaringan adiposa dahulu hanya diketahui berfungsi sebagai tempat penyimpanan kelebihan lemak, tetapi sekarang diketahui bahwa selain berfungsi sebagai penyimpan lemak, jaringan ini juga mampu mensintesis ratusan protein. Adiponektin merupakan protein yang berasal dari jaringan adiposa dan memiliki fungsi yang penting. Adiponektin akhir-akhir ini banyak menarik perhatian. Konsentrasi adiponektin menurun pada obesitas serta berhubungan erat dengan resistensi insulin.

Selain pengaruhnya terhadap metabolisme gula, adiponektin dapat juga mengatur kadar lemak dalam tubuh, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ada hubungan yang berbanding terbalik antara adiponektin dengan konsentrasi trigliserida (TG) dengan small dense LDL (sdLDL) serta hubungan yang berbanding lurus dengan kolesterol HDL (HDL C). Kadar adipolektin yang lebih tinggidinilai baik karena dapat encegah terjadinya gangguan lemak / dislipedimia sehingga menurunkan resiko Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Banyak studi yang menunjukkan kegunaan adiponektin di dalam tubuh sebagai suatu penanda untuk sindrom metabolik. Penurunan adiponektin dalam plasma (hypoadiponektinemia) berhubungan dengan peningkatan Indeks Massa Tubuh (peningkatan kejadian obesitas), penurunan sensitivitas insulin (peningkatan kejadian kencing manis), profil lemak yang tidak diinginkan dan peningkatan resiko penyakit jantung.

Adiponektin merupakan indikator yang baik untuk memperkirakan terjadinyakomplikasi dari sindrom metabolik

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.