Apakah Krim Tabir Surya Berbahaya?

Krim Tabir SuryaMatahari adalah unsure yang sangat penting bagi manusia, namun spectrum gelombang elektromagnetik yang dihasilkan selain bermanfaat juga ada yang merugikan. Di antaranya merugikan terhadap kulit yaitu proses penuaan dini dan kanker kulit. Untuk menghindari efek buruk paparan sinar matahari, yang terbaik tentunya menghindari paparan itu sendiri. Tetapi karena beberapa hal, menghindari paparan sinar matahari sering tidak memungkinkan, sehingga diperlukan pemakaian tabir surya untuk menyaring sinar matahari dan membatasi kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet yang membahayakan.

Secara Internasional kemampuan tabir surya untuk melindungi kulit terhadap sinar matahari dinyatakan denga nilai SPF (sun protecting factor). Sebagai contoh, bila dalam keadaan tanpa perlindungan, kulit kita memerah dalam waktu 20 menit setelah terpapar matahari, maka dengan memakai tabir surya SPF 15, kulit kita akan memerah dengan derajat yang sama setelah 15×20 menit atau 300 menit (sekitar 5 jam).

Dalam tabir surya dikenal beberapa bahan aktif di antaranya adalah benzophenan. Sekitar 20-30 persen tabir surya menggunakan komponen ini sebagai bahan aktif nya. Benzophenan dapat menyerap sinar matahari sehingga sinar ultraviolet yang dapat menembus kulit relative sedikit..

Tetapi terkadang suatu bahan memiliki kekurangan dan kelebihan. Sampai saat ini efek yang mungkin ditimbulkan ditimbulkan oleh tabir surya hanya bersifat local (di tempat dioleskan) dan belum ada data ilmiah yang membuktikan bahwa tabir surya bisa menimbulkan efek samping secara sistemik.

Salah satu kekurangan benzophenan ini adalah dapat menyebabkan reaksi fotosensitif pada orang yang peka. Gejalanya adalah sesaat setelah memakai benzophenon lalu terpapar sinar matahari maka dapat menimbulkan reaksi gatal dan kemerahan pada kulit. Tetapi sekali lagi ini hanya terjadi pada orang dengan kulit peka/sensitive. Bagaimanapun juga efek proteksi yang didapat masih jauh lebih besar dibandingkan reaksi fotosensitif yang mungkin timbul. Jika seseorang memang terbukti tidak bisa memakai bahan benzophenon maka dapat dialihkan dengan tabir surya berbahan aktif lainnya.

 

sumber gambar : http://forum.kompas.com

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.