Bahaya Jajanan Jalanan

Jajanan JalananMembeli jajanan jalanan sepertinya sudah menjadi trend anak sejak dulu. Walaupun sudah diberi bekal dari rumah, si kecil kadang masih membeli jajanan jalanan akibat terbawa dan terpengaruh oleh teman-teman. Untuk hal yang satu ini ada baiknya orang tua memberi perhatian ekstra agar anak menghindari budaya jajan tak sehat.

Tiadanya bekal dari rumah biasanya menjadi alas an utama anak yang merasa kelaparan di sekolah membeli jajanan jalanan. Untuk itu orang tua harus arif dan bijaksana dalam mengelola makanan anak, sehingga jajan di luar rumah dapat dikesampingkan. Bila hendak jajan, setidaknya pilihlah jajanan yang layak harga dan ada jaminan higienisnya.

Berikut bahaya kandungan jajanan jalanan:

Air mentah

Beberapa penjual minuman segar seperti dawet, cendol, sirup dan sebagainya tak semuanya menggunakan air matang untuk dagangannya. Hal ini karena harga bahan bakar yang tinggi yang tidak menutup untuk harga penjualan. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan diare pada si kecil.

Pemanis dan pewarna buatan

Jelly dan permen-permen, ataupun kue-kue kecil yang dijajakan dilingkungan sekolah perlu diwaspadai. Karena jajanan tersebut banyak mengandung gula dan pewarna buatan yang harganya lebih murah dibanding gula alami. Padahal jika dikonsumsi dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan sirkulasi darah, hiperaktif, kanker, hingga gangguan mental.

Bahan Narkoba

Belakangan ini ada kasus yang menyatakan seorang penjaja makanan menawarkan permen yang dibubuhi narkoba. Jika ini benar, si kecil bisa kecanduan dan menjadi budak narkoba di masa depannya.

Kemasan plastik

Hamper semua bahan makanan anak-anak di sekolah dikemas dalam plastik. Padahal tidak semua plastik ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Bahan plastik yang terdapat dari campuran bahan kimia, bisa memberikan andil timbulnya penyakit dikemudian hari.

 

sumber gambar : forpiko.com

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.