BUMBU SEGAR BERKHASIAT OBAT

BUMBU-SEGAR-BERKHASIAT-OBATBumbu segar tak hanya membuat masakan menjadi lebih lezat, tapi juga mengandung zat – zat berkhasiat obat. Contohnya bumbu segar berikut ini.

DILL

Bumbu dengan aroma lembut ini kaya dengan carvone, suatu senyawa pembantu pencernaan yang mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kejang di dalam saluran usus. Juga mengandung senyawa yang menenangkan.

–          Tenangkan kram perut, redakan gas, atau cegah mual dengan makan dill segar atau diminum sebagai the.

Caranya : masukkan 4 sendok teh irisan dill ke dalam air mendidih. Seduh 5 menit. Saring. Minum

–          Jika anda sedang menyusui ASI, tambahkan dill ke dalam menu anda untuk meningkatkan produksi ASI yang sehat.

Penyiapan dan penyimpanan

Perciki tangkainya dengan air, bungkus dengan tissue dapur yang dibasahkan. Masukan ke dalam kantong plastic dan simpan di dalam kotak sayuran di lemari pendingin anda untuk penyimpanan lebih dari seminggu. Atau perciki air, masukkan ke dalam kantong plastic berisi air, bekukan untuk penyimpanan selama lebih dari 2 bulan. Cairkan ketika akan dipakai.

KEMANGI

Kaya dengan magnesium, suatu mineral yang mempertahankan aliran darah yang sehat. Senyawa anestetik ringan dan antiseptiknya membantu meredakan nyeri setempat.

–          Untuk mengatasi sariawan, tekan bagian mulut yang sariawan dengan daun kemangi

–          Untuk meredakan pembengkakan gusi, kumur-kumur dengan teh kemangi.

Caranya : petik 8 lembar daun kemangi yang sudah dicuci. Masukkan ke dalam air mendidih. Seduh dan saring.

–          Untuk meredakan rasa nyeri, gosokkan daun kemangi yang sudah di haluskan pada luka sayat kecil.

Penyiapan dan penyimpanan

Cuci dan keringkan daun kemangi. Letakkan berlapis di dalam wadah. Taburi sedikit garam. Beri sedikit minyak zaitun. Tutup dan simpan di lemari pendingin untuk 6 bulan. Untuk di bekukan, masukkan daun kemangi cincang ke dalam cetakan es batu yang sudah diisi dengan kaldu sayuran. Gunakan untuk sup atau saus.

LOKIO

Bisa berfungsi sebagai bumbu untuk ditambahkan pada masakan lain. Atau dijadikan sebagai sayuran. Mengandung antioksidan vitamin A dan C yang membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan usia menua, dengan cara melenyapkan radikal – radikal bebas. Khasiatnya yang lain adalah :

–          Membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Lokio kaya potassium dan kalsium, mineral-mineral yang membantu menjaga kesehatan arteri. Makan dengan ditumis tersendiri atau dicampur dengan bahan lain. Atau dicampurkan ke stew.

–          Mengatasi mual dan gangguan perut. Lokio kaya sulfur, suatu elemen yang membantu pencernaan.

Penyiapan dan penyimpanan

Bilas lokio sampai bersih. Lalu gunting dengan gunting dapur yang tajam. Hindari iris dengan pisau karena dapat meremukkan bumbu/ sayuran yang halus ini. Dapat ditambahkan pada semua jenis hidangan untuk meningkatkan cita rasa.

 

MINT

Daun mint segar kaya vitamin B, kalsium, zat besi, dan fosfor. Membantu meringankan infeksi dan inflamasi.

–          Mengunyah daun mint segar bisa segera membuka sinus dan melonggarkan jalan nafas

–          Meningkatkan energy. Aroma mint bisa segera membangkitkan semangat.

–          Mengatasi gangguan pencernaan dengan seduhan antispasmodic.

Caranya : siapkan 6 sendok the irisan daun mint. Beri air mendidih. Seduh dan saring. Lalu minum airnya.

Penyiapan dan penyimpanan

Cuci daun mint. Petik daunnya atau haluskan sesluruh daun untuk melepaskan minyak. Untuk penyimpanan ; cincang daun mint dan bekukan dalam kotak pembuat es batu dengan di beri air secukupnya sampai menutupi irisan daun mint.

 

OREGANO

Mengandung antioksidan yang keampuhannya 24 kali lebih hebat dibanding antioksidan didalam apel. Oregano membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Juga termasuk anti bakteri dan anti-inflammatory yang ampuh.

–          Untuk membantu mengatasi infeksi bronchial, masukkan beberapa tangkai oregano kedalam air mendidih. Lalu hirup uapnya.

–          Untuk meredakan nyeri otot, masukkan seikat oregano segar kedalam sebuah kantong. Lalu masukkan kedalam air mandi untuk mandi berendam yang merilekskan.

Penyiapan dan penyimpanan

Cuci eragano. Keringkan dengan tissue dapur yang dibasahkan. Masukkan kedalam kantong plastik yang diberi lubang. Dengan cara ini, bisa tahan disimpan sampai lebih dari seminggu. Sebelum digunakan, petik daun dan haluskan untuk melepaskan cita rasa.

PETERSELI

Termasuk salah satu bumbu segar yang paling sehat. Peterseli kaya folate, suatu vitamin B yang mengurangi kadar homocysteine, suatu senyawa darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Juga berkhasiat sebagai deuretik ringan dan mengandung myristicin, sejenis minyak yang diketahui dapat mencegah kanker paru.

–          Untuk menyegarkan napas dalam sekejap, kunyah beberapa tangkai daun peterseli.

–          Untuk mengeluarkan racun dan meredakan kembung, buat the peterseli. Caranya, masukkan ¼ cup daun peterseli ke dalam 1 cangkir air mendidih. Seduh 5 menit. Saring .  tambahkan pemanis jika suka. Lalu minum.

Penyiapan dan penyimpanan

Peterseli daun datar atau peterseli italia mengandung cita rasa paling tinggi. Simpan tanpa dicuci terlebih dahulu didalam kantong plastik yang dilubangi, lalu simpan di lemari pendingin selama seminggu. Cuci sesaat sebelum digunakan untuk menjaga cita rasa.

 

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.