CARA MENGATASI KELOID

Keloid atau luka parut bisa muncul pada bekas luka pasca operasi Caesar. Tenang, ada cara mengatasinya.

“Melahirkan dengan operasi Caesar, kayak beli barang pake kartu kredit. Cepat, praktis tapi udahannya ga enak” kata sebagian orang. Bukan hanya nyeri berhari-hari setelah operasi yang dikeluhkan tapi karena bekas lukanya itu kho yang merusak pemandangan.

Perempuan yang menjalani operasi Caesar bisa menglami hypertrophy scar (luka perut) atau lebih parah lagi keloid. Luka hipertrofi adalah jaringan parut yang timbul di atas luka, dan pertumbuhannya sesuai dengan lukanya. Kalau melebar kemana-mana disebut keloid.

Faktor genetik berperan penting dalam munculnya scar/keloid. Kalau tidak punya bakat scar/keloid tidak akan muncul. Luka akan hilang, hanya ada bekas berupa warna yang berbeda pada bekas luka. Bila ada bakat, jaringan perut bisa tumbuh atau timbul dan lama kelamaan menebal. Sering terasa gatal apalagi kalau terjadi gesekan, msalnya tergesek celana. Bila digaruk, scar/keloid akan makin menebal. Gesekan dapat memperparah penebalan.

Apakah berarti skak mat bila punya bakat keloid? Untungnya tidak. Informasikan ke dokter kandungan saat merencanakan Caesar, bila Anda memiliki bakat scar/keloid. Dokter bisa mempertimbangkan teknik penjahitan atau penggunaan material yang bisa meminimalkanmunculnya keloid.

Perawatan luka pasca-operasi harus bagus. Resiko keloid lebih besar jika luka tidak dijaga dengan baik, misalnya terinfeksi, kotor atau tidak steril. Rawat luka sesuai anjuran dokter dan habiskan antibiotic yang diberikan. Hindari penggunaan celana yang ketat pinggangnya berada digaris luka, karena gesekan bisa menimbulkan gatal serta meningkatkan resiko munculnya scar/keloid.

Proses penyembuhan luka biasanya selesai dalam 2-3 bulan setelah operasi. Luka harus dibiarkan sembuh secara alami, baru krim boleh digunakan. Bila proses penyembuhan luka diinterupsi, bekas luka bisa menjadi cekung atau masuk sehingga permukaannya lebih rendah dari kulit disekitarnya.

Bagaimana bila jaringan parut sudah menebal? Krim saja tidak cukup. Harus dilakukan injeksi dengan bahan kortikosteroid (triamsinolon asetonide) ke keloid. Dr. I Gusti Kompayang Rata, Sp.KK dari Senopati Skin Center, Jakarta., menggunakan metode injeksi yang sedikit berbeda. Ia menyuntik di permukaan keloid (supralesi) bukan di dalam (intralesi) Efeknya cukup bagus, dengan rasa nyeri minimal.

Menghilangkan keloid bukan hal mudah. Keloid yang dipotong dengan operasi bisa tumbuh lagi, apalagi bila tidak diikuti dengan perawatan. Banyak metode penghilang keloid, mulai dari penekanan, terapi dengan nitrogen cair (cryotherapy), laser, hingga silicon. Bisa dilakukan kombinasi. Harus realistis mengharapkan hasilnya. Tidak ada pengobatan yang ces pleng dan tidak terlihat dalam waktu singkat.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.