CARA MENGATASI SAKIT KERONGKONGAN SENDIRI

1. Kerongkongan sakit dan gatal ?

  • Penyebab : Postnasal Drip,

Lebih dari 85% orang dengan alergi, mengalami sakit kerongkongan yang dipicu postnasal drip (timbunan mucus-cairan hidung-dibagian belakang hidung dan kerongkongan, menimbulkan rasa mucus menetes ke bawah dari belakang hidung). Mucus itu asam dan mengiritasi jaringan kerongkongan.

Cara mengatasinya : Ringankan dengan kumur campuran 1/2 sendok teh garam dan 175 ml air hangat selama 1 menit. Lakukan 2-3 kali sehari. Para periset mengatakan cara ini dapat mengatasi rasa sakit selama 24 jam.

2. Kerongkongan sakit tapi tidak sakit saat menelan.

  • Penyebab : Bicara terlalu banyak.

Otot tenggorokan mudah lelah dan berakhir dengan suara serak dan sakit hanya karena bicara banyak.

Cara mengatasinya  : Langkah pertama istirahatkan suara . lalu coba lozenges atau teh slippery elm ( dilur negeri dijal di toko makanan kesehatan). Menurut para ahli, slippery elm meninggalkan lapisan anti inflammatory yang menenangkan di kerongkongan. Dosis yang terbukti dalam studi 2-3 lozenges  atau 2 cup teh setiap hari.

3. Kerongkongan kering di pagi hari

  • Penyebab : Udara kering

Urada dalam ruangan yang kering dengan cepat mengeringkan membran hidung dan membran kerongkongan .

Cara mengatasinya : Minum air putih sedikit setiap kurang lebih 15 menit. Cara ini melembabkan jaringan secara lebih baik dibanding minum segelas besar 1-2 kali sehari.

4. Sulit menelan.

  • Penyebab : Polutan ruangan

Studi-studi menunjukkan, lebih dari 37 orang yang secara teratur terekspos polutan umm mdalam ruangan, contohnya aerosol, pembersih dengan dasar bleach, asap rokok dan lain-lain, mengembangkan kerongkongan, bengkak dan sakit. Pada kenyataannya, irritan dalam ruangan menyebabkan lebih banyak sakit kerongkongan kronik dibanding udara luar yang terpolusi.

Cara  mengatasinya : Hindari aerosonl dan pemberih dengan bahan dasar bleach. Minta perokok merokok diluar ruangan juga bisa cepat menyelesaikan masalah. Begitu juga dengan mendekorasi ruangan dengan tanaman. Tumbuhan dapat mengabsorb lebih dari 70% zat kimia yang beredar di sekitar rumah. Pembersih udara alamiah top antara lain spider plants, Boston fern, Palem dan Perruvian-apple cactus.

5. Kerongkongan sakit dan terasa panas sesudah makan.

  • Penyebab : Acid Reflux

Rasa panas ditenggorokanadalah simptom kunci untuk 60% dari 50 juta orang yang sering mengalami acid reflux. Tapi banyak diantaranya yang tak pernah menyadari, heartburn adalah penyebab masalah itu karena satu-satunya simptom mereka adalah sakit kerongkongan.

Cara mengatasinya : Kunyah permen karet favorit hanya selama 30 menit sesudah makan dapat menghentikan reflux yang memicu sakit tenggorokan sampai 60% dengan melapisi jaringan kerongkongan denoan saliva penetral asam , begitu menurut riset terkini University of Alabama.

6. Sakit kerongkongan disertai dengan bersin dan batuk juga?

Sakit kerongkongan ering terjadi bersama dengan pilek, tapi tidak berarti harus dibiarkan.

Cara mengatasinya : Campur 2 tetes minyak oregano dengan 150 ml air dan kumur 2 kali sehari. Untuk hampir 100% perempuan, oregano mengurangi inflamasi kerongkongan dan sakit dalam 48 jam, ditambah dengan menguatkan sel-sel pelapis kerongkongan sehingga lebih kebal virus.

Catatan :

Kapan harus periksa ke dokter ?

Tidak semua sakit kerongkongan bisa diatasi sendiri,

Periksa ke dokter jika :

  • Sakit kerongkongan parah berlangung lebih dari 7 hari
  • Demam, pembengkakan kelenjar atau ruam yang tidak biasa
  • Kerongkongan bengkak membuat sulit bernapas
  • Sangat sakit ketika menalan sampai tak bisa minum.

 

 

 

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.