Cegah Kolesterol Dengan Pemeriksaan Rutin Gula Darah

Cegah Kolesterol Dengan Pemeriksaan Rutin Gula Darah Dan Kenali Makanan Pencegah Kolesterol

Kolesterol saat ini marak diperbincangkan. Hal ini mengindikasikan bahwa orang semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuhnya. Kesadaran dari pentingnya menjaga kesehatan tubuh timbul pada saat orang mengetahui bahaya dari penyakit kolesterol. Sebenarnya apakah kolesterol itu? Apakah kolesterol sama dengan lemak? Kolesterol berbeda dengan lemak. Kolesterol termasuk dalam lemak, tetapi tidak semua lemak itu kolesterol. Perbedaanya adalah kolesterol tidak mudah larut dalam air dan sulit untuk disistribusikan keseluruh tubuh. kolesterol sebenarnya berguna bagi tubuh, yaitu untuk pembentukan sel, terutama sel otak dan saraf dan juga merupakan komponen yang penting bagi pembentukan organ tubuh. Namun, kolesterol dapat membahayakan tubuh jika terdapat dalam jumlah yang lebih dan tidak dikontrol. Dalam artikel ini akan dibahas pentingnya memeriksa kadar gula darah dan informasi yang penting mengenai makanan yang dapat mencegah kolesterol.

Mengukur Tingkat Kolesterol
Pengukuran tingkat kolesterol penting dilakukan karena dapat menentukan apakah anda termasuk kelebihan atau kekurangan kolesterol. Karena informasi tentang pemeriksaan ini nantinya penting untuk memantau kesehatan anda. Jika anda kelebihan kolesterol anda beresiko terkena penyakit kronis seperti jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit kronis lainya. Sedangkan jika anda kekurangan kolesterol tubuh anda pun juga terganggu fungsinya. Anda akan mudah lelah dan produksi hormon tubuh juga terganggu. Dalam menjalani pengukuran tingkat kolesterol, anda perlu mengetahui tentang tes gula darah dan lemak darah karena dua hal ini sangat berkaitan. Tes gula darah penting dilakukan untuk mengetahui apakah anda beresiko terkena diabetes atau tidak.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf tubuh dan jika kadar gula darah kurang akan menyebabkan kurang nutrisi. Secara ilmiah, gula darah kita akan meningkat setelah kita makan. Dalam gula tersebut kita mendapatkan asupan energi. Oleh karena itu, tes gula darah, khususnya di Indonesia, sering dilakukan setelah kita mengkonsumsi makanan. Jika kita sedang berpuasa, darah kita akan diambil untuk dites. Beberapa jam kemudian setelah kita makan darah kita akan diambil lagi untuk sample tes. Selanjutnya, tes lemak darah diperlukan untuk mengetahui kadar HDL dalam tubuh. HDL adalah lipoprotein yang baik yang diperlukan oleh tubuh agar energi yang terdapat dalam lemak dapat diserap oleh tubuh. Jika banyak lemak yang terkandung dalam tubuh tidak dapat diserap, maka yang terjadi adalah anda akan beresiko terkena penyakit jantung. Kemudian, cara mengukur kadar kolesterol adalah dengan mengukur kadar kolesterol total antara kadar LDH dan HDL. Bedanya dengan tes kadar gula darah dan tes lemak darah, dalam tes kolesterol ini, kadar kolesterol total tidak dipengaruhi oleh kadar nutrisi makanan, oleh karena itu tes kolesterol dapat dilakukan kapanpun tidak harus menunggu setelah makan. Perlu anda perhatikan bahwa kadar kolesterol total yang dianggap masih normal adalah dibawah 200mg/dL, sedangkan kadar kolesterol yang dianggap buruk adalah diatas 240mg/dL.

Makanan Pengontrol Kolesterol
Pembahasan mengenai kolesterol dalam kaitannya dengan pencegahan, erat kaitannya dengan pembahasan makanan. Terkena resiko atau tidak terhadap kolesterol tergantung dari makanan yang kita makan. Jika anda ingin terhindar dari resiko kolesterol sebaiknya anda memperhatikan beberapa makanan yang dapat mengontrol kolesterol anda.

Jenis makanan yang pertama adalah sayuran dan buah-buahan. Agar terhindar dari kolesterol perbanyak makan sayuran dan buah yang mengandung vitamin C dan betakaroten. Vitamin C dan betakaroten dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga akan meningkatkan produktivitas HDL. Jenis makanan yang kedua adalah makanan yang mengandung serat tinggi seperti yang terkandung dalam oatmeal atau sayuran dan buah-buahan. Serat berfungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke aliran darah. Konsumsilah serat sebanyak 10gr perhari. Makanan yang ketiga adalah biji-bijian yang terdiri dari kedelai, kacang-kacangan dan lainya. Manfaat biji-bijian yang sangat baik untuk mengontrol kolesterol adalah biji-bijian kaya akan serat dan rendah akan lemak dan bebas dari kolesterol. Selain itu biji-bijian juga dapat menekan rasa lapar karena biji-bijian lama dicerna. Kacang kenari dan kacang almond sangat baik untuk menjaga kadar gula darah. Kenari berfungsi untuk menjaga kandungan lemak dalam darah sehingga dapat membuat pembuluh darah tetap sehat. Perlu diingat bahwa jika anda mengkonsumsi kacang-kacangan jangan menambahkan garam. Keempat adalah minyak zaitun. Minyak zaitun sangat baik bagi anda karena minyak zaitun kaya asam lemak tak jenuh dan kaya akan vitamin E. kedua zat ini dapat menurunkan kadar HDL kolesterol. Jika anda terkena kolesterol tinggi penting bagi anda untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Selain itu, makanan yang mengandung omega 3 juga baik untuk menurunkan kolesterol. Omega tiga banyak terdapat dalam ikan. Omega tiga baik bagi jantung anda dan dapat menurunkan kolesterol. Jika anda mengkonsumsi ikan, sebaiknya anda merebus atau membakarnya. Hindarilah gorengan karena akan meningkatkan lemak jenuh atau kolesterol dalam darah anda.

Dengan ulasan ini kita dapat menyimpulkan bahwa untuk menghindarkan diri kita dari resiko kolesterol, kita harus rajin mengontrol kadar lemak dan gula darah. Mengukur kadar kolesterol juga penting. Jika dari hasil tes terbukti bahwa kadar kolesterol anda melebihi normal, anda harus waspada. Konsumsilah makanan yang dapat mengontrol kadar kolesterol anda.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.