Diabetes Melitus dan Pengaruh Gaya Hidup

Diabetes Melitus dan Pengaruh Gaya HidupDiabetes mellitus merupakan penyakit yang menandakan gangguan metabolisme dimana kandungan glukosa dalam darah jauh melampaui batas normal. Diabetes mellitus jauh lebih sering dijumpai dibandingkan dengan diabetes tipe 1 serta diabetes gestasional. Saat ini, frekuensi kemunculan diabetes mellitus jauh lebih banyak dibandingkan dengan dua puluh atau tiga puluh tahun silam dikarenakan berkembangnya gaya hidup modern yang walaupun serba praktis namun juga menjadi faktor resiko berkembangnya diabetes seperti gaya hidup kurang aktif serta diet yang kaya gula, lemak dan karbohidrat namun miskin serat dan vitamin. Diabetes juga termasuk penyakit kronis yang kerap tidak disadari potensi resikonya dalam tubuh seseorang hingga sudah terlambat. Sangat mudah bagi seseorang untuk tenggelam dalam gaya hidup kurang sehat semacam itu karena akibatnya tidak terlihat langsung hingga bertahun-tahun kemudian.

Bagaimana Gaya Hidup Memengaruhi Diabetes?

Ketika seseorang terserang diabetes, tingkat kandungan glukosa dalam darahnya meningkat drastis sehingga metabolism tubuhnya terganggu. Hal ini berakibat pada terganggunya berbagai fungsi tubuh dan menyebabkan berbagai gejala seperti haus terus menerus, rasa lapar berlebihan, kelelahan tanpa sebab, penglihatan yang memburuk, infeksi alat kelamin (pada wanita), gatal-gatal tanpa sebab, koma, hingga kematian. Kandungan gula darah meningkat karena tubuh tidak bisa lagi memproduksi insulin karena prosesnya terganggu. Salah satu proses yang mengganggu produksi insulin adalah pemecahan lipid dalam sel-sel lemak yang berlebihan; itulah sebabnya mengapa kegemukan yang berakar dari kurang olahraga serta gaya hidup tidak aktif menjadi salah satu faktor resiko diabetes. Selain itu, makanan yang diproses berlebihan serta mengandung banyak gula dan karbohidrat sederhana juga menyumbang jumlah glukosa yang masuk ke dalam darah. Hal ini berlangsung selama terus-menerus tanpa disadari hingga akhirnya seseorang mulai menunjukkan gejala-gejala pertama diabetes.

Bagaimana Mencegah Diabetes dengan Mengubah Gaya Hidup

Diabetes mellitus dapat menyerang siapa saja dan resiko makin banyaknya orang yang terserang pun semakin tinggi di jaman modern ini. Salah satu cara agar seseorang tidak perlu menunggu hingga menunjukkan gejala-gejala diabetes terlebih dahulu sebelum mencari solusi adalah menerapkan gaya hidup sehat sejak muda. Pola makan harus diatur dimana kandungan lemak hewani, karbohidrat sederhana dan gula dikurangi dan perbanyak serat, vitamin, mineral, protein serta lemak nabati, terutama bila orang tersebut bukan atlit atau memiliki pekerjaan yang menuntut aktifitas fisik terlalu banyak. Seimbangkan pola makan dengan rajin berolahraga agar tidak terjadi penumpukan lemak maupun gula dalam darah dan kurangi kegiatan yang dapat menambah resiko obesitas seperti konsumsi alkohol berlebihan serta kurang istirahat. Pencegahan sejak usia muda dapat mengurangi resiko terserang diabetes di masa dewasa dan tua walaupun memiliki faktor resiko seperti faktor keturunan.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.