Jika Diabaikan, 4 Gangguan Pencernaan Ini Bisa Berakibat Fatal

Masalah pencernaan memang dapat mengganggu siapa saja. Masalah ini dapat terjadi saat makanan yang kita konsumsi tidak tercerna dengan baik dalam sistem pencernaan, sehingga zat gizi yang diperlukan oleh tubuh tidak bisa terserap dengan sempurna.Jika Diabaikan, 4 Gangguan Pencernaan Ini Bisa Berakibat Fatal

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 70% penyakit disebabkan oleh gangguan pencernaan. Angka ini menunjukkan bahwa masalah pencernaan bukanlah hal sepele yang harus diabaikan.

Secara normal, otot-otot pencernaan selalu bergerak untuk memindahkan makanan dari lambung ke usus hingga akhirnya itu dibuang. Proses inilah yang memungkinkan makanan dapat diproses dari tahap satu ke tahap yang lain.

Namun, jika terjadi gangguan pencernaan, maka sel-sel saraf dalam pencernaan akan mengalami kerusakan sehingga otot lambung dan usus besar tidak berfungsi secara normal.

Berikut ini beberapa gangguan pencernaan yang perlu Anda waspadai berikut cara mengatasinya.

Perut Terasa Penuh & Tidak Nyaman Setelah Makan

Kasus ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan terlalu cepat atau kurang teratur, apalagi jika Anda makan dalam porsi besar pada malam hari. Usahakan makan dalam porsi sedikit lebih sering dan sisakan waktu untuk makan dengan tenang agar sistem pencernaan Anda bekerja lebih baik.

Gastro Oesophageal Reflux (Mulas)

Disebabkan asam perut yang bermunculan dalam kerongkongan dan menyebabkan rasa sakit. Biasanya terjadi setelah makan. Obat seperti antacids bekerja sangat efektif mengatasi masalah ini, namun dengan duduk diam dengan tenang setelah makan serta menghindari membungkuk atau tiduran juga dapat membantu.

Turunkan berat badan hingga lingkar pinggang mengecil dapat membantu karena mengurangi tekanan pada perut yang membuat rasa mulas makin parah. Beberapa orang juga melaporkan manfaat mengurangi makan makanan pedas atau berlemak, teh, kopi, alkohol dan tembakau yang berlebihan.

Konstipasi

Dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk membantu merangsang pergerakan makanan ke dalam perut. Pilih makanan berserat tinggi seperti roti gandum, sereal, buah dah sayuran serta kacang-kacangan.

Jangan lupa untuk minum air yang banyak untuk mengembangkan dan melembutkan serat yang masuk. Usahakan aktifitas fisik secara teratur untuk meningkatkan kekuatan otot yang membantu kontraksi dalam mendorong makanan masuk.

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Dapat dibaca sebagai diare atau konstipasi atau kadang bersamaan disertai dengan rasa sakit dan kembung. Para ahli masih belum tahu apa yang benar-benar menyebabkan sakit ini atau bagaimana cara mengatasinya atau bisa juga apa yang Anda makan bisa membuat perbedaan.

Misalnya penyebab utamanya adalah konstipasi, ekstra serat dapat membantu namun apabila penyebabnya diare maka mengurangi sereal dengan serat tinggi, buah, sayuran dan makanan pedas juga membantu. Apabila terasa kembung bisa hindari kacang-kacangan, bawang merah atau sayur kubis.

Apabila cara-cara tersebut tidak mengurangi gangguan pencernaan Anda, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.