KACANG-KACANGAN KHASIAT, Cara memilih dan menyimpan

kacang kacanganKacang-kacangan – nut kaya nutrient penting dan di gunakan dalam masakan di seluruh dunia. Semua kacang –kacangan merupakan sumber protein yang istimewa, kaya vitamin-vitamin B, vitamin E, dan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan potassium. Kandungan lemaknya memang tinggi, yang berarti kalorinya juga. Tapi untungnya sebagian besar dari lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal. Karena itu tak akan mempengaruhi kadar kolesterol anda. Berikut, beberapa jenis kacang yang paling banyak digunakan.

ALMOND

Sweet almond termasuk kacang-kacangan yang paling banyak ditanam di seluruh dunia dan paling serba guna dalam masakan. Jenis yang lain, bitter almond, digunakan untuk minyak dan ekstrak. Almond yang popular dalam masakan spanyol dan timur tengah biasa digunakan dalam masakan manis, dalam minuman, untuk mengentalkan saus, sebagai pengganti tepung dalam, dan sebagai ingredient utama dalam marzipan. Mengandung lebih banyak serat dan arginine, sejenis asam amino yang menjaga kesehatan jantung, di banding kacang-kacangan lainnya.

WALNUT

Walnut mempunyai rasa pahit dan tekstur halus yang kentara. Kendali kandungan lemaknya tinggi, sebagian besar merupakan lemak tak jenuh dan kaya dengan omega-3 yang berkhasiat. Enak ditambahkan di salad, dengan blue cheese atau buah. Bisa juga untuk isi cake atau dessert. Di Negara-negara  lain, walnut muda dan hijau juga dijadikan acar, disajikan dengan daging olahan dan keju.

KACANG METE

Kandungan lemak dan kalorinya lebih rendah dibanding kebanyakan kacang lainnya. Biasa dijual dalam bentuk yang digoreng atau di panggang dan di beri garam. Karena itu, justru membuat kalorinya meningkat. Biasa digunakan dalam masakan oriental dan masakan india. Juga bisa dijadikan selai kacang yang lezat, lebih krimi disbanding selai kacang tanah – peanut butter. Tambahkan pada masakan kare, tumisan, masakan nasi, atau digoreng dalam mentega dan dibumbuhi untuk snack.

PINE NUTS

Popular di italia, merupakan biji dari sejenis pohon cemara. Bentuknya kecil, berwarna cream dengan cita rasa keras. Biasa dijual dengan kulitnya. Rasanya yang tajam hilang sesudah dipanggang karena minyaknya dilepaskan. Merupakan ingredient utama dalam saus pesto. Ideal untuk ditaburkan disalad . kandungan minyaknya yang tinggi membuat kacang cepat tengik. Simpan di dalam kedap udara. Lebih disukai jika dimasukkan ke lemari pendingin. Mengandung paling sedikit lemak jenuh.

HAZELNUTS

Rasanya tidak terlalu manis dengan cita rasa lembut. Merupakan sumber vitamin E yang baik dan mengandung lebih banyak folic acid dibanding  kacang-kacangan lainnya. Cenderung digunakan terutama dalam dessert, panggangan, dan permen. Coba tambahkan pada roti bakar dan hazelnuts cincang pada campuran merigue atau gunakan bentuk gilingan di dalam cakes sebagai alternative almonds.

PISTACHIOS

Warnanya yang hijau cerah membuatnya dapat di jadikan garnish yang indah. Biasanya dijual dalam bentuk yang sudah dipanggang dan di beri garam dikulitnya. Pistachios juga baik digunakan untuk makanan manis , es cream misalnya. Tambahkan cincangan kasar pada nasi dan salad. Atau gunakan dalam panggangan dan dissert.  Pistachios bersama dengan almonds mengandung paling banyak protein dan kaya potasium.

BRAZILS NUT

Berasal dari amerika selatan (sesuai namanya), kacang ini masih diambil dari pohon liar yang tumbuh di hutan tropis. Kendati mengandung 65 % minyak, dan lebih banyak lemak jenuh disbanding kacang-kacang lainnya,  brazils nut tetap merupakan sumber calcium, maknesium, vitamin A dan B yang baik. Selain itu, hanya makan 2 brazil nut sehari sudah bisa memberikan celenium melebihi angka kecukupan gisi. Cincang2 dan masukkan ke dalam salad, adonan roti, brownis dan biscuit.

MEMILIH DAN MENYIMPAN KACANG-KACANGAN

  1. Jika beli kacang yang masih dengan kulitnya, pilih yang terasa berat dan tidak terlalu berguncang saat digerak-gerakkan. Hindari kulit yang retak atau berlubang.
  2. Karena kandungan minyaknya yang tinggi, kacang-kacangan cepat menjadi tengik jika disimpan terlalu lama atau dalam kondisi yang terlalu panas. Karena itu, jangan beli dalam jumlah banyak.
  3. Coba beli kacang-kacangan utuh, bukan yang sudah dicincang atau digiling. Potongan yang lebih kecil lebih cepat menjadi tengik
  4. Kacang-kacangan yang sudah dikuliti bisa disimpan di tempat dingin dan kering selama beberapa bulan. Semua kacang bisa dibekukan dan bisa disimpan didalam frizer selama sekitar 6 bulan.
  5. Memanggang kacang menguatkan cit a rasanya, tapi cenderung mudah gosong. Jaga atau tunggui ketika di panggang.

 

Sumber gambar : http://sharingdisini.com

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.