KEDELAI SARAT GIZI SEKALIGUS MENGOBATI

kacang kedelai

Sahabat Cantik, Kedelai banyak sekali kandungan gizi dan manfaatnya, diantaranya adalah sbb :

# Terutama untuk Kanker dan Kolesterol

Kedelai kaya akan zat besi, terutama protein dan mineral.

  • Setiap 100 gram kedelai basah ( kadar air 20 %, biasanya direbus bersama kulit polongnya) mengandung 30,2 gram protein, 196 mg kalsium, 506 mg fosfor, 6,9 mg zat besi.
  • Kedelai kering (kadar air 7,5 %) proteinnya 34,9 gram, kalsium 227 mg, fosfor 585 mg, zat besi 110 mg.

Selain itu, kedelai juga menyimpan segudang zat antioksidan pelawan kanker dan hormone anti penuaan dini. Zat yang paling populer adalah genistein, daidzen, dan lesitin. Genestein dapat mencegah tumbuhnya kanker, dengan cara menghalangi terbentuknya enzim pembangkit benih kanker. Pada penderita yang mengidap kanker, mengkonsomsi kedelai/ tempe atau minum susu kedelai akan menyedot pembentukan pembuluh darah baru yang bakal memasok makanan bagi kanker, sehingga perkembangan kanker terhambat.
Diketahui kedelai dan tempe berkhasiat menghambat pertumbuhan hampir segala jenis kanker. Yang sudah pasti adalah kanker payudara dan kanker prostat, lalu kanker usus besar, kanker paru – paru, kanker kulit, serta kanker darah (leukemia)

# Menjaga kesehatan jantung

Kedelai maupun hasil olahannya berkhasiat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah ( aterosklerosis ) dengan 2 cara. Ia akan menghalangi dan mengerem aktivitas enzim thrombin yang menjadikan darah lebih pekat. Demikian pasokan oksigen ke organ vital tetap terjaga, sehingga kita terhindar dari serangan jantung koroner maupun stroke.
Khasiat ini antara lain karena jenis asam lemak yang terdapat dalam kedelai. Asam lemak tak jenuh ganda yang agak terbatas dalam kacang – kacangan jenis lain dan biasanya hanya terdapat dalam makanan hewani, khususnya ikan, justru banyak tersimpan dalam kedelai.

# Kenikmatan Kedelai

  • Kedelai.

– Kedelai basah (masih terbungkus dalam kulit polong) enak direbus dan dinikmati sebagai kudapan ringan.

– Kedelai kering, setelah direndam 4 jam, bisa dicampurkan ke dalam masakan, seperti sayur asam, kaserol (skotel), sop, tumisan, bahkan ke dalam soto, setelah digoreng garing. Setelah dihaluskan kasar – kasar, kedelai lezat diolah sebagai perkedel. Jika dicampur adonan cair dan digoreng, jadilah rempeyek kedelai.
Untuk membuat kudapan dari kedelai, sangrai kedelai kering hingga renyah, tambahkan garam bubuk dan bawang goring, aduk.

  • Taoge kedelai

Bisa selingan pengganti taoge kacang hijau yang sudah umum. Campurkan dalam sayur asem, urap, tumis. Untuk membuatnya sendiri, rendam kedelai semalaman, tamping kedelai dalam wadah berlubang, tutup dengan kain basah, letakkan di daerah yang lembab yang tidak terkena sinar matahari. Siram kedelai setiap pagi dan sore, hingga kecambahnya sepanjang 4 cm.

  • Tahu

Sangat bermanfaat, antara lain karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Namun hati – hati jika membeli tahu yang kekenyalannya tidak wajar (membal jika ditekan), karena ada kemungkinan ditambahi zat pengawet terlarang, mungkin boraks atau formalin.

  • Tempe

Tempe yang dibuat dari kedelai pecah mutu proteinnya justru lebih bagus. Soalnya gampang lebih mudah merebusnya, sehingga proses pemecahan protein menjadi asam amino bebas selama proses fermentasi jauh lebih efektif.

  • Susu Kedelai

Jika membeli susu kedelai yang segar, perlu diperhatikan kekentalannya. Susu kedelai bisa di manfaatkan seperti susu kopi, misalnya untuk makan pagi bersama serelia. Atau untuk membuat kue dadar (pancake), saus pudding, milk shake, dll.

 

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.