Kelebihan Vitamin C Beresiko Batu Ginjal

fruits3Menurut penelitian terbaru, orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari memiliki risiko dua kali lipat menderita batu ginjal.

“Ini sudah diduga sejak lama bahwa kelebihan dosis vitamin C bisa meningkatkan risiko batu ginjal,” ujar Laura Thomas, pemimpin penelitian dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia, seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Suplemen pada umumnya mengandung sekitar 1.000 miligram vitamin C per tablet. Kebanyakan suplemen vitamin C berisi 500 atau 1.000 mg.

Thomas menjelaskan, beberapa komponen dari vitamin C diserap oleh tubuh dan dikeluarkan melalui urin sebagai oksalat. Nah, oksalat ini termasuk salah satu komponen kunci penyebab batu ginjal. Batu ginjal sendiri terdiri dari kristal kecil, yang terbentuk dari gabungan kalsium dengan oksalat.

Menurut para ilmuwan, tidak ada manfaat yang jelas dari mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi. Namun, Laura menegaskan bahwa tubuh manusia tetap membutuhkan banyak vitamin C yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran. Misalnya, segelas jus jeruk segar bisa mengandung sekitar 120 mg vitamin C.

“Vitamin C merupakan bagian penting dari pola makan yang sehat,” tutup Laura.

Namun lebih lanjut Laura menjelaskan, efek vitamin C terhadap risiko batu ginjal ini tergantung pada dosis dan kombinasi nutrisi yang dikonsumsi.

sumber

 

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.