KHASIAT PENYEMBUHAN DARI TEH

teh 5Baik teh hijau maupun teh hitam mempunyai khasiat yang hebat untuk kesehatan.

Teh termasuk minuman popular yang boleh dikata disajikan dalam berbagai suasana. Dari pesta mewah sampai minuman ringan dalam botol. Bukti-bukti tentang kasiat teh juga terus bertambah. Sejumlah studi observasional menemukan, teh hijau dan tteh hitam dapat membantu menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung, termasuk berbagai kondisi kesehatan yang tidak terlalu serius. Sebagai besar kasiat tteh disebabkan kandungan flavonoidnya yang relative tinggi. Flavonoid adalah anti oksidan yang terdapat di dalam kulit dan lapisan luar dari buah-buahan dan sayuran. Tapi tteh mengungguli semua buah-buahan, sayuran akar, dan sayuran hijau. Sejumlah penelitian diet bangsa eropa utara menemukan, minuman teh memberikan flavonoid hampir 5 kl lebih banyak disbanding bawang bombai, sumber flavonoid terbaik kedua. Minum secangkir teh di pagi hari = menambahkan extra porsi sayuran pada diet anda. Berikut, 5 kasiat penyembuhan dari teh.

  1. MEMERANGI KANGKER : teh hijau  dan teh hitam membantu menjaga sel-sel sehat tidak berubah jadi ganas sesudah terpajan senyawa-senyawa penyebab kangker. Para peneliti menduga, anti oksidan- anti oksidan tteh berperan dalam mencegah kerusakan atau mungkin memperbaiki kerusakan pada DNA, yang bisa menyebabkan kangker. Penelitian-penelitian baru lainnya menunjukan, plavonoid di dalam tteh menciptakan suatu peristiwa biologis yang disebut apoptosis yang menyebabkan kematian pada sel-sel. Tindakan ini berkhasiat karena di saat sel-sel kangker mulai memproduksi, apoptosis jadi terhenti yang menyebabkan sel-sel jahat terus berproduksi secara liar. Berbagai penelitian juga menunjukkan, flavonoid teh menghambat pertumbuhan sel-sel tumor.

 

  1. MELINDUNGI JANTUNG : banyak penelitian yang mendukung pemikiran, teh baik untuk jantung. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam archives of internal medicine mengamati kebiasaan-kebiasaan makan dari 3.454 laki-laki dan perempuan belanda selama 2 sampai3 tahun. Mereka yang minum 5 cangkir teh dalamsehari mengalami penurunan resiko atherosclerosis (penumbatan pembuluh arteri) sampai 70% dibanding mereka yang sama sekali tidak minum teh. Bahkan hanya minum 1 atau 2 cangkir teh sehari bisa menurunkan risiko sampai 46%. Di tahun 1999, para peneliti di Brigham and women’s Hospital di  Boston menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang minum paling sedikit 1 cangkir teh sehari, risiko seranganjantungnya lebih rendah 44%.bagaimana cara kerja teh untukkesehatan jantung ? sebuah teori mengatakan, senyawa-senyawa antioksidan dari flavonoid menetralkan radikal – radikal bebas oksigen yang bisa menyebabkan kerusakan arteri. Tentu, di samping itu para peminum teh kemungkinan memang punya gaya hidup yang secara keseluruhan lebih sehat. Walau begitu, makin bertambahnya bukti khasiat teh untuk kesehatan mungkin menunjukkan, minum teh adalah salah satu kebiasaan untuk jantung sehat yang tak ada salahnya dicoba.
  2. MEMBANGUN TULANG : para ilmuwan menduga, teh mungkin dapat memerangi osteoporosis disamping khasiat kesehatannya yang lain. Sebuah penelitian di university of Cambridge school of medicine di  inggris menemukan, perempuan berusia 65 sampai 76 yang minum teh hanya 1 cangkir sehari tampak mengalami peningkatan kepadatan mineral tulang sampai 5  %. Ini bisa diartikan resiko fraktur menurun 10 sampai 20 %. Bagaimana cara kerja teh  dalam menjaga tulang sampai saat ini belum diketahui pasti. Tapi paling tidak ini merupakan salah satu alasan lain untuk minum teh yang mengandung banyak khasiat kesehatan.
  3. MEREDAKAN ASMA : Efek anti- inflammatory khusus nya dari teh hijau tampak dapat menenangkan sekreasi mucous pada orang-orang dengan asma. Caranya adalah dengan menyeduh teh kental. Jika anda menggunakan teh celup, sebaiknya seduh selama 10 menit.
  4. MENJINAKKAN DIARE : Di tanah air, sudah sejak dulu teh pahit digunakan untuk mengatasi diare. Tannin membantu perut kita membentuk lapisan perlindungan yang dapat mencegah penyerapan racun-racun yang menyebabkan diare. Baik teh hijau maupun teh hitam mengandung banyak tannin. Tapi kandungan teh hijau lebih banyak.

Lama menyeduh teh

Untuk mendapatkan khasiat maksimal dari antioksidan-antioksidan teh, minum teh seduhan sendiri. Jika anda memilih teh celup, gunakan 5 kantong teh celup untuk setiap 2 cangkir air mendidih. Seduh selama 5 menit untuk mendapatkan lebih dari 85% flavonoid. Untuk membantu mengatasi asma, seduh 10 menit. Untuk pelepasan tannin secara maksimal untuk meredakan diare, seduh 15 menit. Teh anda akan lebih pahit dari yang biasanya. Jika perlu, tambahkan sedikit gula yang bisa mengurangi produksi asam secara bermakna. Jangan membiarkan teh terlalu lama karena bisa mengurangi khasiat-khasiatnya. Itu sebabnya mengapa anda disarankan menyeduh teh sendiri ketimbang teh menggunakan kalengan atau botolan.

sumber gambar : http://www.majalahwanita.info

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.