MAKANAN SEHAT YANG MEMBUAT SAKIT

1394469_graved_melon_still_lifeBuah-buahan dan sayuran memang makanan sehat – kaya vitamin dan mineral, rendah lemak dan rendah kalori. Namun hasil bumi ini juga punya sisi gelap. Buah dan sayuran menyebabkan 15 % dari 76 % juta kasus penyakit yang terkait dengan makanan setiap tahun. Dan kasus yang dimaksud di sini bukan sekedar sakit perut. Keracunan makanan adalah penyakit berat yang dapat menyebabkan kerusakan organ dan bahkan kematian. Ini disebabkan buah dan sayuran sering di makan mentah, tidak seperti daging atau makanan dari laut yang harus dimasak dulu. Dan panas dalam proses pemasakan dapat membunuh bakteri.

Kebanyakan penyakit yang berasal dari buah dan sayuran ini disebabkan bakteri seperti salmonella dan e.coli. produk hasil bumi ini mungkin terkontaminasi bakteri yang terdapat di tanah, pupuk, dan air irigasi di tanah pertanian. Bisa juga saat panen di mana tangan manusia memindahkan banyak kuman ke produk tersebut. Saat dikirim ke pasar swalayan, makanan ini kembali terpajan tangan para karyawan  dan pelanggan. Sebagian hasil bumi ini lebih berbahaya dari yang lainnya.

Segala Sesuatu yang ada di salad bar

Salad bar yang sepintas tampak begitu sehat sebenarnya mengandung salmonella, E colli, shigella, virus hepatitis A dan parasit-parasit. Sayuran-sayuran ini bukan hanya sudah tersentuh tangan para pegawai ketika menatanya, tapi juga tersentuh tangan pelanggan ketika memilihnya. Buah – buahan dan sayuran yang diiris bahkan lebih rentan lagi. System pendinginan terbuka membuat suhu yang disarankan: 41 derajat, sulit dipertahankan. Semakin hangat suhu, semakin cepat pertumbuhan bakteri.

–          JUS PERASAN SEGAR

Sembilan puluh delapan persen dari semua jus buah dipasteurisasi, suatu proses pemanasan untuk membunuh mikroba – mikroba penyebab penyakit. Dua persen yag tidak dipasteurisasi menyebabkan hampir 6.200 kasus penyakit yang berasal dari makanan dalam setahun. Biasanya buah buahan tersebut sudah terkontaminasi kotoran hewan yang membawa mikroba mikroba berbahaya.  Tanpa pasteurisasi, bakteri dapat hidup terus dan mengubah jus menjadi minuman racun penyebab diare, masalah ginjal, bahkan kematian.

–          SPROUT – KECAMBAH

Beda dengan hasil bumi lainnya, mikroba sudah masuk ke dalam biji dan hidup di dalam kecambah. Jadi pencucian hanya membersihkan bakteri-bakteri yang menempel di permukaannya saja.

Makan hanya yang disediakan dirumah

–          LETTUCE DAN KOL

Keduannya terlibat dalam penjangkitan salmonella, E.coli, dan virus hepatitis A. Mencuci dan membuang lapisan terluar dapat mengurangi risiko.

–          MELON

Buah melon sering terkontaminasi bakteri-bakteri berbahaya karena letaknya yang menyentuh tanah. Sebelum mengirisnya, bersihkan bagian luarnya sampai benar-benar bersih dengan menggunakan air dan sabun. Bakteri yang menempel di luarnya bisa berpindah ke dalam saat di iris.

–          BERRY

Jenis yang terletak ditanah dikaitkan dengan beberapa penyakit yang disebabkan parasit. Cyclospora dan virus-virus seperti yang menyebabkan hepatitis A. pembilasan bisa mengurangi risiko.

LANGKAH-LANGKAH PENGAMANAN

–          Beli produk yang tidak memar, rusak, atau berjamur. Beli lettuce, tomat, dan jamur dalam kemasan karena sudah disterilisasi dan pembungkusan mencegah kontaminasi.

–          Segera simpan produk segar di lemari pendingin.  Jangan makan buah yang rusak, memar, terutama buah yang kulitnya bisa dimakan seperti apel. Di bagian yang kulitnya rusak biasanya keluar air sehingga bakteri mendapat peluang untuk menyerbu masuk dan tumbuh di dalam buah.

–          Sebelum menyiapkan makanan, selalu cuci tangan dengan air dan sabun, begitu juga sesudah menyentuh daging mentah, kol, atau binatang peliharaan. Cuci talenan dan peralatan dapur dalam mesin cuci piring. Atau cuci dengan air sabun panas agar makanan lain tidak tekontaminasi.

 

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.