Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat yang baik memang dibutuhkan semua orang. Namun daya ingat setiap orang berbeda-beda tergantung kondisi kesehatannya. Sebagian kecil orang memiliki daya ingat yang sangat tinggi dan mampu menghafal berbagai pelajaran yang sulit. Namun sebagian besar justru pelupa dan tidak ingat bahkan untuk nama temannya sendiri. Kalau sudah begitu, bagaimana caranya untuk meningkatkan daya ingat? Ada beberapa tips untuk membuat ingatan kita lebih awet. Salah satunya yaitu dengan makan bergizi yaitu makanan untuk meningkatkan daya ingat.

meningkatkan daya ingat

Tingkat ketajaman daya ingat setiap orang memang berbeda-beda dan dipengaruhi berbagai faktor, seperti kesehatan, genetika, psikis, dan lingkungan. Namun setiap orang memiliki kesempatan untuk meningkatkan daya ingatnya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang berguna untuk meningkatkan daya ingat.

1. Ikan
Sejak kecil kita dibiasakan makan ikan oleh orang tua. Katanya sih agar tidak cepat lupa. Dan ternyata itu bukan isapan jempol belaka. Ikan memang memiliki nutrisi yang sangat baik untuk mempertajam daya ingat kita. Ikan mengandung DHA dan asam lemak omega 3 yang sangat berpengaruh pada fungsi otak untuk mengingat sesuatu. Yves Sauve, seorang peneliti dari the department of ophthalmology and the Centre for Neuroscience, menyatakan bahwa banyak makan makanan mengandung DHA dapat membuat sel-sel ingatan di dalam hippocampus dalam otak terhubung dengan baik. Ikan yang mengandung banyak DHA adalah ikan mackarel, tuna, salmon, dan jenis ikan laut lainnya.

2. Teh hijau
Jurnal Molecular Nutrition & Food Research mempublikasikan sebuah penelitian tentang manfaat teh hijau. Hasilnya didapat bahwa kandungan EGCG yang terkandung dalam teh hijau ampuh untuk melawan penyakit degeneratif dan mempertajam daya ingat yang diakibatkan penyakit atau kondisi tertentu.

3. Popcorn
Cemilan yang sering menemani kita nonton ini memang dibenci para pelaku diet. Namun popcorn ternyata dapat membantu tingkat konsentrasi dalam bekerja. Popcorn mengandung vitamin B6, B12 dan E yang baik untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

4. Kafein
Kafein yang terkandung dalam kopi, teh, cokelat dll bisa membuat otak lebih berkonsentrasi dan lebih fokus. Otak akan berada dalam posisi ‘terjaga’ setelah meminumnya.

5. Tomat
Tomat kaya akan antioksidan dan lycopene yang dapat membantu mencegah berbagai kerusakan yang diakibatkan radikal bebas yang disebabkan karena faktor usia.

6. Kacang-kacangan
Menurut the American Journal of Epidemiology, kacang atau pun selai kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh dan dapat memperbaiki sistem kerja otak.

7. Sarapan pagi
Sarapan pagi dapat membantu kinerja otak untuk sehari penuh. Usahakan anda tidak pernah melewatkan sarapan meskipun hanya sepotong roti dan segelas susu. Sarapan pagi tidak perlu banyak yang penting mengandung protein yang cukup.

SUMBER

 

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.