Masalah Kesehatan Wanita Yang Harus Diwaspadai

Dalam dunia yang semakin modern ini, masalah kesehatan menjadi topik yang umum dibicarakan. Selain karena pemahaman akan gaya hidup sehat menjadi lebih baik, manusia modern, baik pria maupun wanita, sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Bukan saja karena konsumsi jenis makanan yang makin jauh dari sifat alaminya, namun juga karena berbagai jenis penyakit baru muncul akibat makin rusaknya lingkungan dimana kita tinggal. Oleh karena itu masalah kesehatan sebaiknya menjadi prioritas utama dalam hidup, terutama bagi kaum wanita. Ini tidak ada hubungannya dengan pemikiran bahwa kaum wanita lebih lemah dibandingkan pria, namun lebih karena wanita menghadapi ancaman gangguan kesehatan yang lebih kompleks dibandingkan dengan pria. Berikut akan dijelaskan beberapa dari masalah kesehatan pada wanita yang umum ditemukan.

Masalah Kesehatan Pada Wanita #1 : Kanker payudara
Kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Sekitar 1 % kematian yang terjadi pada wanita di seluruh dunia disebabkan oleh kanker payudara. Sebagian besar penyebab kanker payudara adalah pola makan dan gaya hidup yang buruk serta stress berlebihan. Selain itu terjadinya pergeseran paradigma diduga juga menjadi salah satu pemicu kanker payudara, meski belum ada bukti kuat yang bisa mendukung pemikiran ini. Hal – hal seperti menikah dan memiliki anak pertama di usia di atas 30 tahun serta faktor genetik diduga dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Untuk menghindari masalah kesehatan ini, pencegahan pertama adalah dengan menjalankan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Bagi para ibu baru, sebaiknya memberikan ASI pada bayinya agar terhindar dari kanker payudara.

Masalah Kesehatan Pada Wanita #2 : Osteoporosis
Sebenarnya Osteoporosis adalah masalah kesehatan umum yang dapat terjadi pada pria dan wanita, namun karena pada masa menopause wanita kehilangan banyak kalsium akibat menurunnya hormon, maka jumlah wanita yang mengalami Osteoporosis jauh lebih banyak dibandingkan pria. Osteoporosis adalah menurunnya kekuatan dan kelenturan tulang akibat kurangnya kalsium dan vitamin D yang disebabkan oleh menopause, rokok dan konsumsi alcohol yang berlebihan. Wanita Asia dan Kaukasia lebih rentan terhadap masalah kesehatan ini. Osteoporosis dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D, selain menjalankan gaya hidup sehat.

Masalah Kesehatan pada Wanita #3 : Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)
PCOS merupakan masalah kesehatan bagi sekitar 10 % wanita usia subur. PCOS yang menyerang endokrin ini adalah keadaan dimana terbentuk kista kecil pada ovarium selama periode ovulasi. Kista tersebut dapat menganggu kesuburan wanita dan membuatnya sulit hamil. Wanita yang mengalami PCOS mengalami beberapa gejala seperti haid yang tidak teratur, pertumbuhan rambut yang berlebihan atau malah kerontokan rambut, jerawat yang sangat menganggu serta kenaikan berat badan sampai tahap obesitas.

Masalah Kesehatan pada Wanita #4 : Depresi
Meskipun bukan sebuah penyakit, namun depresi dapat merusak kesehatan, baik fisik maupun mental. Depresi dapat dialami pria maupun wanita, namun jumlah wanita yang mengalami depresi lebih banyak sekitar 50 % dibandingkan pria. Depresi pada wanita umumnya disebabkan oleh faktor perubahan hormonal, misalnya, depresi pasca kehamilan atau faktor gaya hidup, faktor pengalaman buruk seperti berpisah dengan orang yang dicintai, dilecehkan atau diabaikan, faktor riwayat kesehatan keluarga atau faktor lain seperti penyalahgunaan obat – obatan.

Masalah Kesehatan pada Wanita #5 : Stroke
Penyebab paling umum dari stroke adalah hipertensi dan diabetes yang diakibatkan oleh pola makan yang buruk seperti kurangnya konsumsi sayur dan buah dan lebih banyak konsumsi junk food, kurangnya olahraga serta tekanan pekerjaan yang tidak teratasi dengan baik. Wanita yang cukup sibuk dengan berbagai urusan, baik kantor, rumah tangga maupun hal lain, seringkali mengabaikan kesehatan dirinya, tidak cukup mendapat istirahat serta makan terlalu banyak. Hal – hal tersebutlah yang menimbulkan hipertensi dan diabetes yang kemudian mengarah pada stroke.

Masalah Kesehatan pada Wanita #6 : Gangguan Gairah Seksual
Seks adalah bagian penting dari kehidupan pernikahan, namun seringkali hal ini menjadi masalah bagi kebanyakan wanita, khususnya yang telah menikah dan berusia dewasa. Seorang wanita dapat menderita penurunan hasrat seksual atau sebaliknya peningkatan hasrat seksual, atau bahkan yang lebih buruk adalah keinginan seksual yang menyimpang yang mungkin tidak dapat dipenuhi pasangannya. Pada tahap tertentu, wanita yang menghadapi masalah kesehatan seperti menderita penyakit tertentu, seringkali tubuhnya tidak dapat menanggapi keinginan seksualnya. Hal ini menyebabkan tidak adanya pelumasan saat hubungan seksual, bisa jadi karena ada infeksi pada kelenjar atau hal lain. Jika wanita mengalami masalah – masalah dengan gairah seksualnya, tentu saja ia tidak akan pernah bisa mencapai orgasme.

Dari semua masalah kesehatan yang umum dialami wanita, terlihat jelas bahwa hampir semua penyebabnya adalah pola makan dan gaya hidup yang buruk – meskipun memang ada faktor – faktor lainnya namun pengaruhnya tidak sebesar kedua hal tersebut. Oleh karena itu, meskipun terdengar klise, namun untuk menjaga kesehatan, anda harus selalu menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat. Banyak makan buah dan sayur, minum banyak air putih, kurangi gula, garam dan lemak, hindari rokok dan alcohol, tidur dan istirahat yang cukup serta rutin berolah raga adalah kunci utama kesehatan tubuh anda.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.