Meditasi untuk Kesehatan dan Kecantikan

yogaMeditasi merupakan salah satu tren gaya hidup yang kini banyak dilakukan oleh para wanita dari berbagai usia di kota-kota besar, terutama mereka yang memiliki gaya hidup sangat sibuk. Meditasi ini dilakukan bukan untuk tujuan religious seperti ritual melainkan cenderung sebagai sarana untuk melepaskan stres serta menonjolkan kecantikan alami dari dalam. Kalau anda melepaskan atribut keagamaan atau ritualnya, meditasi sendiri sebenarnya hanyalah suatu praktik menempatkan kondisi fisik dan pikiran dalam keadaan tertentu yang lebih tenang dengan memanfaatkan latihan pernapasan, konsentrasi serta posisi tubuh yang tidak terkekan dan rileks. Walaupun kedengarannya mudah, meditasi merupakan hal yang sulit dilakukan karena pelaku yang masih amatir cenderung sulit memusatkan pikiran untuk mencapai keadaan yang benar-benar tenang dan jauh dari stres atau kekuatiran berlebihan. Bila dilakukan dengan benar dan rutin, meditasi sederhana selama 20 hingga 30 menit setiap hari ternyata dapat mendatangkan dampak baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Alasan Melakukan Meditasi

Meditasi kini banyak dilakukan oleh siapa saja di seluruh penjuru dunai tidak peduli latar belakang dan kepercayaannya; hal ini karena meditasi memang terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan antara lain:

  1. Latihan pernapasan dalam meditasi merupakan sarana pelepas stres; tubuh seseorang yang mengalami stres akan melepaskan hormon kortisol yang berdampak buruk pada kecantikan kulit; itulah sebabnya meditasi sering dijadikan salah satu tips cantik dan awet muda.
  2. Berkaitan dengan nomor satu, stres yang berlebihan juga dapat mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh. Kebiasaan bermeditasi dapat mengusir stres berlebih serta menjaga daya tahan tubuh.
  3. Melakukan meditasi sangat baik untuk meredam amarah, emosi dan kecemasan berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental.

Dengan semua hal baik yang dapat dilakukan dari duduk dan melakukan olah nafas dalam meditasi selama setengah jam saja sehari, tidak mengherankan bila para wanita pun banyak yang terpikat pada meditasi.

Langkah-langkah Meditasi Sederhana di Rumah

Melakukan meditasi setiap hari selama 20 hingga 30 menit saja dapat membawa perubahan besar pada kesehatan serta kecantikan anda. Berikut adalah langkah-langkah meditasi yang dapat anda coba di rumah.

  1. Sediakan satu tempat tenang dimana anda benar-benar tidak akan diganggu sebelum meditasi anda selesai. Anda harus bisa duduk dengan nyaman di tempat tersebut dalam posisi bersila dan punggung tegak (anda bisa duduk bersandar di tembok atau menempatkan handuk kecil di bawah tulang ekor untuk membantu duduk tegak).
  2. Sediakan alarm yang sudah anda setel untuk berbunyi setelah 20 atau 30 menit. Dengan demikian, anda tidak perlu gelisah dalam hal waktu dan bisa langsung berhenti saja setelah alarm berbunyi. Tidak menyadari waktu bisa membuat anda tidak sabaran atau malah bermeditasi terlalu lama hingga melebihi waktu yang anda tetapkan.
  3. Gunakan proses bernafas sebagai jangkar agar pikiran anda tidak melayang kemana-mana dan merusak inti meditasi. Beberapa menit pertama, cobalah bernafas secara alami tanpa perasaan tertekan sama sekali. Fokuskan pikiran kepada tiap tarikan dan hembusan nafas serta pertahankan kecepatan normal. Proses fokus pada nafas ini juga dapat membantu anda kembali jika pikiran anda sempat melayang.
  4. Berkaitan dengan nomor 2, sebisa mungkin usir pikiran-pikiran yang menyuruh anda berhenti seperti keinginan untuk menjawab telepon atau melihat email atau mencari sesuatu.
  5. Biarkan buah-buah pikiran anda bergerak bergulung-gulung menjadi bermacam-macam hambaran dalam pikiran anda. Pada akhirnya, bila cukup berkonsentrasi, anda dapat menyaksikan berbagai pikiran dan ingatan anda saling terhubung serta membentuk perspektif baru.

Proses meditasi dapat menjadi tips cantik dan kesehatan yang sangat efektif. Bila anda sudah cukup menguasai tekniknya, anda bahkan dapat mencoba menerapkan aspek-aspek meditasi ini di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, bila anda adalah seorang karyawan di kantor yang baru saja menghadapi hari yang buruk, cobalah untuk duduk barang 2 atau 3 menit di kursi anda dengan punggung tegak dan lakukan teknik bernafas serta mengatur pikiran seperti praktek meditasi di atas. Anda akan melihat bahwa anda menjadi lebih tenang dan pikiran anda menjadi lebih terbuka terhadap pandangan baru dalam menghadapi masalah. Bagi anda para wanita, menghadapi masalah dengan cara seperti ini dapat membantu anda menjadi lebih tidak stres dan membantu menonjolkan kecantikan alami anda.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.