MENGATASI STRETCHMARk

oranghamil

Perawatan kulit sebelum kehamilan bisa mencegah stertchmark. Banyak pilihan terapi yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Perut bergurat-gurat seperti habis “dicakar macan” inilah stretchmark atau striae gravidarum yang sering membuat resah para ibu sehabis melahirkan. Hal ini daianggap lumrah atau “kodrat” yang tidak bisa dihindari oleh ibu yang pernah melahirkan. Anggapan itu salah loh.. Memang sekitar 70-90% wanita hamil mengalami stretchmark, terutama di bulan ke 8 dan 9 saat perut makin membesar. Sebenarnya stretchmark bisa dihindari.

Stretchmark terjadi pada lapisan tengah kulit (dermis), dimana terdapat jaringan kolagen. Peningkatan berat badan yang drastic saat hamil membuat kulit meregang mendadak, sehingga terjadi robekan-robekan kecil pada kolagen. Selain diperut, stretchmark bisa muncul di bokong, panggul, paha lengan dan payudara.

Pada tahap awal, guratan berwarna pink/merah atau keunguan. Selanjutnya guratan menghitam dan akhirnya berwarna putih keperakan dan akan menipis dalam 12 bulan pascapersalinan, tapi tidak bisa hilang total. Perempuan dengan riwayat stretchmark dalam keluarga, obesitas sebelum hamil, mengandung bayi kembar/besar, ada riwayat tretchmark dipaha dan payudara, berkulit gelap atau mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan (>20 kg) beresiko lebih besar terhadap stretchmark.

Pencegahan harus dimulai sejak awal kehamilan. Caranya sederhana, oleskan krim/minyak atau losion anti stretchmark pada daerah yang rawan stretchmark sambil dipijat ringan, sejak awal kehamilan. Lakukan sesering mungkin, terutama sehabis mandi.

Bisa digunakan minyak zaitun, baby oil, coconut butter atau yang mengandung lidah buaya, alpha tocopherol, hyaluronic acid, glycolic acid atau glikosaminoglikan. Bahan-bahan ini dapat meningkatkan elastisitas kulit, sehingga tidak mudah robek saat perut membesar. Hindari yang mengandung tretinoin/ retinol/retinoic acid karena bisa menyebabkan catat janin.

Selama hamil dan menyusui kenakan pakaian dalam yang dapat menyangga perut, payudara dan bokong dengan baik. Ini penting untuk mengurangi tarikan gravitasi, sehingga robekan kolagen tidak bertambah parah. Juga konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan kulit dan memperkuat kerangka protein pada jaringan elastin dan kolagen di kulit. Misalnya zinc yang terdapat pada ikan dan kacang-kacangan, makanan yang kaya vitamin A, C dan D serta yang tinggi protein.

Bila stretchmark terlanjur muncul, tetap disesuaikan dengan fase stretchmark. Bila masih pada tahap awal, terapi fulse dye laser bisa memudarkan stretchmark. Bila sudah kehitaman hasil laser tidak akan bagus.  Cara lain yaitu Rediofrekuensi (RF), panas yang dihasilkan alat ini dapat mengencangkan kolagen menstimulsi pertumbuhan kolagen baru. Cara invasive yakni tummy tuck, tindakan operasi untuk mengambil lemak dan kulit yang berlebihan pada perut bagian bawah.  Kalau obat oles hanya menipiskan dan tidak menghilangkan. Bila stretchmark sudah menahun dan berwana putih mengkilat, tidak ada terapi yang bisa menghilangkannya, kata dr. Grace Wardhana, Sp.KK dari Women and Children Hospital, Jakarta.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.