NYERI OTOT SAAT HAMIL

bumil2

Nyeri otot saat hamil lazim terjadi. Dengan mengenali penyebabnya, keluhan dan rasa nyeri bisa diminimalkan.

Otot terdiri dari serat yang dapat berkontraksi sehingga mampu memanjang dan memendek untuk menghasilkan gerakan. Pada alat gerak seperti lengan dan tungkai kaki, otot berfungsi sebagai penggerak. Secara sederhana, setiap periode kontraksiotot harus diikuti peiode relaksasi sehingga darah mengalir kembali melalui pembuluh darah, yang membawa oksidgen segar dan membuang zat sisa metabolisme akibat  kerja otot.

KOntraksi otot yang terus menerus membuat sirkulasi darah dalam otot kurang baik. Akibatnya otot kekurangan oksigen dan terjadi gangguan pada pembuangan zat sisa metabolism. Kondisi ini akan memicu terjadinya proses peradangan jaringan, menimbulkan reaksi pada setabut otot dan jaringan disekitarnya sehingga muncul rasa nyeri.

Nyeri otot dapat terjadi dibagian tubuh mana saja, dileher, dipunggung, pinggang kaki atau tangan. Pada umumnya nyeri otot bersifat local dan pola menyebar. Bagi ibu hamil, keluhan yang sering dialami adalah nyeri pada punggung dan kaki.

Mengapa bumil sering nyeri otot?

Saat hamil tubuh ibu hamil (bumil) membawa beban berat. Otot-otot tubuh dan persendian mengalami pengenduran, seiring ,membesarnya janin sehingga menambah beban pada pinggang, punggung, perut dan kaki yang menjadi tumpuan utama tubuh.

Nyeri punggung terjadi akibat perubahan otot punggung. Ukuran rahim membesar, otot-otot perut meregang dan otot-otot punggung memendek serta meregang. Tambahan beban ini mengubah pusat gravitasi pada bum, sehingga lengkung tulang punggung lebih condong ke belakang. Akibatnya punggung sakit.

Penyebab lain adalah perubahan hormonal. Hormon kehamilan mempengaruhi elastisitas ligament. Pengurangan elastisitas bantalan sendi pada panggul terjadi cepat, seiring membesarnya kandungan. Hal ini membat otot-otot tulang belakang bekerja berat, untuk mempertahankan posisi tubuh agar tetap tegak. Inilah yang menimbulkan sakit punggung dan terkadang timbul rasa sakit yang mendadakpada pantat dan paha atas.

Faktor lain yaitu tidak beresnya tulang punggung yang terjadi sebelum kehamilan. Keadaan semakin tambah buruk bila kehamilan terjadi berturut-turut. Jika sakit punggung terjadi terus menerus, tulang punggung lebih banyak mengalami tekanan, sehingga memperburuk sakit punggung.

Bagi banyak bumil, nyeri pada panggul bagian belakang lebih sering dirasakan dibandingkan nyeri pada pinggang bawah. Rasa nyeri terasa sampai garis pinggang di atas tulang ekor. Dan cenderung meluas hingga ke bokong dan belakang paha, kadang disertai nyeri tulang kemaluan.

Bumil juga bisa merasa pegal dan nyeri dikaki, yang kalau dibiarkan bisa menjadi kram. Hal ini terkait dengan perubahan pada sistem sirkulasi darah, tekanan pada saraf kaki dan kurang kalsium. Peningkatan hormon relaksin dan hormon estrogen saat hamil juga mempengaruhi mengendurnya jaringan otot dan sendi-sendi pada tubuh.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.