Senyum Menghindari Penyakit Kardiovaskuler

senyum4Bagi pemeluk Islam, senyum merupakan sesuatu yang bernilai ibadah dan jika dilakukan dengan ikhlas termasuk sedekah yang memberikan banyak manfaat. Namun, banyak orang yang menganggap sepele. Dari sisi kajian medis, menurut beberapa penelitian senyum juga mempunyai banyak manfaat:

  1. Senyum yang ikhlas tanpa paksaan dapat menghindarkan diri dari penyakit kardiovaskular. Senyum sebanyak 20 kali dan setiap senyum berdurasi 20 detik, dapat menghasilkan endorphin oleh otak yang fungsinya melebarkan pembuluh darah dan menghambat epinefrin. Seperti kita ketahui apabila epinefrin di dalam tubuh tinggi maka akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan juga merangsang gerak jantung lebih cepat sehingga dapat menyebabkan penyakit darah tinggi atau hipertensi, yang dapat berdampak timbulnya penyakit stroke serta penyakit jantung. Maka apabila seseorang rajin tersenyum dapat menjauhkan dirinya dari penyakit tersebut.
  2. Menimbulkan efek relaksasi, perasaan bahagia, dan menurunkan tingkat stress di dalam tubuh.
  3. Mencegah timbulnya sembelit (susah buang air besar). Ketika pada pagi hari gerak peristaltic usus masih lambat, maka orang tersenyum pada pagi hari akan dapat merangsang gerak usus yang disebabkan oleh efek tersenyum tersebut.
  4. Ketika seseorang sedang marah / stress menyebabkan kehilangan banyak kalium akibat berkontraksinya banyak otot. Orang akan terkena hipokalemia (kadar kalium rendah dalam darah) dan dapat berakibat buruk terhadap system tubuh. Sedangkan seseorang yang tersenyum akan merileksasikan otot (kontraksi otot lebih sedikit) sehingga dapat mereduksi pengeluaran kalium lebih banyak. Fungsi kalium itu adalah meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot dan membantu tekanan darah.

Nah, anda berhak untuk berhati-hati. Dari pada cemberut, alangkah baiknya kita tersenyum. Bukankah senyum tidak dipungut biaya?

 

sumber gambar : http://www.langitberita.com

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.