Sulit Hamil karena Antibodi Spermatozoa


spermatozoa
Ada banyak kondisi kesehatan baik pada calon Mama atau calon Papa yang dapat menghambat terjadinya proses kehamilan. Salah satu kondisi kesehatan tersebut adalah karena Antibodi Spermatozoa, yaitu kasus di mana tubuh sang Mama akan “menolak” kehadiran sperma suami yang ada di dalam kandungannya.

Pada kasus ini, sperma dianggap benda asing yang harus dilumpuhkan, sehingga sel sperma sang Papa akan tertolak dari tubuh Mama.

Sebanyak 25% kasus infertilitas disebabkan oleh kondisi sang Mama yang memiliki antibodi yang terlalu tinggi terhadap sperma sang suami. Selama kondisi masih seperti ini, mustahil pembuahan bisa terjadi.

Namun tenang saja, kini telah ditemukan suatu cara agar para Mama yang mengalami kondisi tersebut mampu menolerir sperma Papa, yaitu dengan cara imunisasi sperma suami.

Pasangan suami istri tersebut harus melakukan serangkaian pemeriksaan sebagai berikut:

? Pemeriksaan darah istri, untuk melihat antibody di serum darahnya. Serum tersebut akan direaksikan dengan sperma suami untuk mengetahui apakah istri memiliki antibodi spermatozoa atau tidak.

? Dokter akan melihat kualitas sperma suami. Pada pemeriksaan ini, kondisi suami harus sehat.

? Jika semuanya baik, sel darah suami dibawa ke laboratorium untuk dipisahkan antara sel darah merah dan sel darah putihnya.

? Sel darah putih akan disuntikkan di bawah kulit istri. Proses ini disebut sebagai Imunisasi Leukosit Suami (ILS).
Dengan cara ini diharapkan istri mampu menerima sperma sang suami sehingga pembuahan dapat terjadi.

Pemberian ILS minimal diberikan 3 kali dengan jarak 3 -4 minggu. Evaluasi dilakukan 2 minggu setelah ILS ketiga. Jika sang Mama dinyatakan hamil pun, perawatan ini harus terus diberikan karena adanya janin dalam kandungan bisa saja dianggap “benda asing” sehingga dikhawatirkan tubuh Mama akan membentuk antibodinya sendiri sehingga muncul resiko keguguran.

Semoga informasinya bermanfaat ya Mama.

Sumber: Persiapan Kehamilan oleh Nurul Chomaria, S.Psi.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.