Tips Menghadapi Kehamilan bagi Wanita dengan Epilepsi

Tips Menghadapi Kehamilan bagi Wanita dengan EpilepsiEpilepsi merupakan kondisi kesehatan yang dapat menyerang siapa saja tidak terkecuali kaum wanita. Kita mungkin mengenal epilepsi sebagai penyakit dimana penderitanya sering mengalami gejala kejang-kejang, yang dalam dunia kedokteran merupakan pertanda dari aktifitas sel saraf di otak yang sedang merangsang impuls listrik secara berlebihan. Karena sebagian besar kasus epilepsi sering tidak diketahui penyebabnya (kecuali bila penderitanya mengalami keracunan zat timah, cedera pada kepala, gangguan pada tahap otak serta tumor otak), banyak penderita biasanya hanya diberi obat untuk mengendalikan kejangnya yang harus diminumnya seumur hidup. Masalah bisa terjadi ketika seorang wanita yang menderita epilepsi kemudian hamil; kehamilan pada penderita epilepsi jelas bisa berbahaya karena saat kejang, wanita hamil bisa mencederai bayinya, mengalami kecelakaan tak disengaja atau bahkan mengalami keguguran. Inilah sebabnya banyak wanita yang menderita epilepsi kemudian memutuskan untuk tidak usah hamil saja dan bahkan memutuskan untuk mengadopsi anak karena resikonya lebih kecil. Akan tetapi, bagaimana bila anda adalah wanita epilepsi yang ingin, atau karena suatu sebab, mengandung? Anda tentunya harus mengatur suatu sistem bersama orang-orang terdekat anda untuk berjaga-jaga agar anda tidak tanpa sengaja melukai diri sendiri bersama bayi anda saat serangan kejang itu menimpa anda.

Manajemen Kejang dalam Kehamilan Penderita Epilepsi

Wanita yang hamil dan menderita epilepsi biasanya disarankan untuk membuat program yang disebut manajemen kejang (seizure management). ‘Program’ ini tujuannya agar anda bisa mengurangi resiko mencelakai diri sendiri dan bayi anda saat mengalami kejang epilepsi. Untuk mengatur hal ini, anda pertama-tama harus berdiskusi dengan keluarga dan dokter kandungan untuk melihat tingkat keparahan kejang epilepsi anda. Bila anda tipe yang mudah mengendalikan kejang anda, prosesnya akan lebih mudah ketimbang bila anda tipe yang tidak bisa mengendalikan diri saat mengalami kejang sehingga harus dibantu orang lain (perlu diketahui bahwa stres dan kecemasan saat kehamilan bisa meningkatkan resiko serta frekuensi kejang). Anda harus menunjukkan pada dokter anda jenis obat yang biasa anda minum untuk meredakan kejang (jika ada). Bila jenis obat anda termasuk yang bisa mengganggu kesehatan bayi di kandungan anda, atau bila anda membutuhkan obat tetapi tidak punya, dokter biasanya akan menyarankan jenis obat pereda kejang lainnya yang tidak akan membahayakan kesehatan bayi anda. Manajemen kejang ini juga menyangkut kerjasama dengan orang-orang di sekitar anda yang harus siap membantu atau menemani anda kemanapun untuk berjaga-jaga bila anda tiba-tiba mengalami kejang. Anda juga sebaiknya menemui dokter anda saat usia kandungan masih sangat awal agar lebih mudah merencanakan tindakan antisipasi dan perawatan yang pas untuk anda selama masa kehamilan.

Tips Mengurangi Resiko Pada Janin Saat Mengalami Kejang

Sekarang bayangkan anda sudah di rumah dan bersiap menghadapi bulan-bulan kehamilan anda, namun sebagai wanita yang menderita epilepsi, anda mungkin mengkhawatirkan resiko yang tetap muncul jika kejang anda datang. Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi resiko kesehatan anda dan bayi saat mendadak mengalami kejang:

  1. Singkirkan perabot berlebih atau yang berujung tajam dari ruangan-ruangan yang sering anda masuki. Gunakan hanya perabot yang benar-benar perlu untuk menghindari kemungkinan anda terbentur/tertusuk pada salah satunya saat kejang.
  2. Pastikan anda tidak pernah sendirian di rumah; aturlah waktu berjaga antar suami dan keluarga atau teman-teman dekat anda untuk menemani anda di rumah dan membantu saat anda kejang-kejang.
  3. Istirahatlah yang cukup, hindari kafein atau stimulan lain serta usahakan tidak stres berlebihan dan lakukan relaksasi seperti latihan pernapasan atau tiduran di tempat yang nyaman bila anda merasa stres; stres berlebih dapat memicu kejang-kejang.
  4. Jangan pernah keluar rumah sendirian walau hanya sebentar; anda tidak tahu apa yang dapat terjadi bila anda mengalami kejang di pinggir jalan atau semacamnya.

Hamil sekaligus mengidap epilepsi memang tidak mudah, akan tetapi manajemen kejang yang baik plus dukungan penuh dari seluruh keluarga dan teman-teman akan membantu anda dan bayi dalam kandungan anda melewati masa kehamilan dengan kondisi kesehatan optimal.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.