Tips Menghadapi Kemarau untuk Pemilik Kulit Berjerawat

Tips Menghadapi Kemarau untuk Pemilik Kulit BerjerawatMusim kemarau tidak hanya membawa udara panas dan kering serta kekurangan air, melainkan juga sumber masalah bagi pemilik kulit berjerawat. Jerawat dapat timbul atau menjadi lebih parah di musim kemarau karena musim ini membuat kulit menjadi sangat berminyak, cepat kotor, serta sering tergesek debu yang terbang dibawa angin. Minyak berlebih, debu dan kotoran merupakan faktor-faktor yang dapat mengakibatkan atau memperparah jerawat, namun anda tentunya tidak bisa menghindari hal tersebut bila sedang menghadapi musim kemarau. Pada dasarnya, jerawat dapat timbul baik pada pemilik kulit berminyak maupun kulit kering, namun musim kemarau merupakan salah satu kondisi dimana para pemilik kedua jenis kulit tersebut tidak dapat menghindari semua faktor tersebut. Lalu bagaimana bila anda harus banyak beraktivitas di luar ruangan dan terekspos sinar matahari serta debu? Lebih parah lagi, bagaimana seandainya anda harus memakai kosmetik sepanjang hari selama musim kemarau? Anda mungkin bertanya “bukankah kosmetik yang menempel terus-menerus dapat memperparah jerawat? Apalagi di musim kemarau!” Bila anda pemilik kulit berjerawat dan tidak dapat menghindari efek buruk musim kemarau pada kulit anda, berikut beberapa tips berguna untuk mencegah jerawat menjadi bertambah parah.

Memilih dan Memakai Produk Perawatan

Produk perawatan kulit sangat penting untuk menjaga kecantikan anda, namun wanita yang berjerawat butuh tips dan trik khusus dalam memilih dan memakai produk perawatan agar jerawatnya tidak semakin parah terutama di musim kemarau.

  1. Belilah sabun wajah yang lembut dan sesuai dengan kulit anda; bila kulit anda berminyak, pilih sabun wajah untuk kulit berminyak. Bila kulit anda kering, pilih yang formulanya lembut. Bila anda tidak yakin harus memilih yang mana atau memiliki masalah jerawat cukup parah sebaiknya membeli produk yang memang khusus untuk kulit berjerawat.
  2. Bersihkan kulit wajah dengan sabun hanya secukupnya yaitu bila wajah anda sangat kotor dan berminyak atau sehabis memakai kosmetik. Untuk pagi hari setelah bangun tidur, cukup basuh wajah dengan air hangat; ini supaya minyak alami di wajah tidak terkikis sehingga menimbulkan iritasi terutama jika kulit wajah anda sensitif.
  3. Untuk pelembab wajah, usahakan agar memilih produk yang berbentuk losion bukannya krim karena losion lebih ringan. Atau, anda bisa membeli pelembab wajah yang di labelnya tercantum khusus untuk kulit berjerawat. Pelembab wajah diperlukan bukan saja untuk melembabkan namun juga menjaga agar kulit tidak kering jika anda memakai krim jerawat (yang cenderung membuat kulit kering).
  4. Tambahkan perawatan wajah anda dengan masker yang berfungsi menyerap minyak. Saat ini ada banyak produk masker wajah yang juga berfungsi sebagai masker untuk merawat kulit yang dipenuhi jerawat. Belilah masker tersebut sebagai tambahan perawatan untuk dipakai seminggu sekali.

Memilih dan Memakai Kosmetik

Wanita tidak bisa lepas dari produk kecantikan terutama bila pekerjaannya membutuhkan penampilan prima. Berikut beberapa tips untuk memilih dan memakai kosmetik agar kulit berjerawat tidak kambuh di musim kemarau.

  1. Pilihlah kosmetik seperti bedak dan alas bedak bermineral. Kosmetik ini tidak menyumbat pori-pori, ringan dan cenderung lebih tahan lama sehingga anda tidak perlu melapisi kulit wajah berkali-kali dalam sehari; ketika makeup anda luntur, anda akan tanpa sadar menebalkannya sehingga lama-kelamaan pori-pori kulit menjadi tersumbat.
  2. Ingatlah bahwa semakin tipis lapisan kosmetik, semakin baik untuk kulit berjerawat terutama di musim kemarau. Jangan gunakan lapisan kosmetik yang terlalu tebal di wajah terutama bila anda sering berada di luar ruangan.
  3. Bila kosmetik bermineral terlalu mahal, belilah bedak wajah khusus yang biasanya dijual di apotik atau bedak dari lini produk untuk kulit berjerawat.
  4. Sediakan selalu kertas penyerap minyak di tas anda untuk menyerap minyak berlebih di sela-sela pekerjaan anda; jangan gunakan tisu karena serpihannya dapat melekat di wajah.

Musim kemarau tidak mungkin dicegah kedatangannya, namun anda pemilik kulit berjerawat tidak perlu khawatir. Dengan mengetahui tips dan trik dasar perawatan wajah untuk kulit berjerawat, anda tidak perlu merasa cemas lagi akan kulit anda walaupun musim kemarau datang.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.