Tips Menjaga Kesehatan Ala Rasulullah SAW

Closeup of business people shaking handsBerikut ini adalah beberapa Tips Menjaga Kesehatan ala Rasulullah saw. yang disarikan dari tulisan Rasulullah saw. Adalah Dokter Terbaik dan Manajemen Makan:

  1. Tersenyum dan tertawalah. Perlu diketahui bahwa hanya dengan satu menit tertawa, kamu akan memperoleh manfaat yang sama dengan 45 menit berolahraga mengeluarkan keringat. Tertawa alami, tertawa disengaja, atau dipaksa tertawa juga mempunyai efek yang sama. Berdasarkan penelitian para ahli kesehatan, tertawa itu akan memberikan efek yang luar biasa seperti melancarkan aliran darah, mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, menghasilkan hormon endorfin sebagai obat penenang alami, memijat paru-paru dan jantung, menurunkan stres, meningkatkan kadar oksigen (O2) dalam darah, mengkontraksikan 80 titik saraf, melemaskan otot-otot, meringankan konstipasi, dan menurunkan tekanan darah.
  2. Tidurlah di awal malam dan bangun pada dua pertiga malam. Usahakan posisi tidur miring ke kanan dan jangan tidur dalam keadaan kenyang. Alangkah lebih baiknya jika berwudhu sebelum pergi tidur. Penelitian di Universitas Alexandria oleh dr. Musthafa Syahatah, salah seorang dekan Fakultas THT, menunjukkan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dari pada orang yang tidak berwudhu.
  3. Rajin-rajinlah bersiwak atau menggosok gigi. Bersiwak dapat mencegah caries dan berefek ke beberapa organ penting seperti jantung, serta mampu meningkatkan fungsi pencernaan yang akan berdampak pada kesehatan organ pencernaan.
  4. Cukurlah bulu kemaluan karena di sanalah parasit Sarcoptes scabei akan berkembang biak. Dan potonglah kuku secara rutin karena daerah di bawah kuku yang panjang adalah tempat kuman senang bersarang. Fitrah lainnya yang dianjurkan adalah mencabut bulu ketiak dan memendekkan kumis bagi laki-laki (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i, Abu Daud, Ibnu Majah, Imam Ahmad, dan Imam Malik).
  5. Makanlah ketika lapar dan jangan sampai kenyang. Kapasitas perut itu baiknya adalah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minumnya, dan sepertiga untuk nafasnya. Perut yang kenyang dapat merusak agama, menimbulkan penyakit, dan membuat malas dalam ibadah (HR Abu Nuaim).
  6. Usahakan untuk tidak meniup makanan dan minuman. Apabila minum, janganlah bernafas di dalam tempatnya dan janganlah minum dengan sekali nafas seperti minumnya unta, tetapi minumlah dua atau tiga kali. Jangan lupa untuk mengucapkan basmalah jika kita minum dan bacalah hamdalah jika kita selesai minum (HR Ahmad dan Muslim).[]

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.