Tips Merawat Kulit Berminyak

Kulit yang Berminyak

Wajah dengan kulit berminyak biasanya ditandai dengan permukaan kulit yang terlihat mengkilat, kusam dan pori-pori besar. Hal ini tentu saja akan mengganggu penampilan, khususnya bagi kaum wanita. Apalagi jika ditambah dengan masalah jerawat, tentu saja penampilan Anda akan semakin jauh dari harapan.

Ada beberapa faktor yang memicu timbulnya kulit berminyak, seperti faktor gen atau keturunan, pola makan yang tidak seimbang dan faktor hormonal. Pola makan yang tidak seimbang antara gula, air dan garam merupakan faktor yang menyebabkan kulit berminyak. Sedangkan faktor hormonal biasanya terjadi pada masa pubertas atau masa kehamilan. Pada masa-masa tersebut terjadi perubahan hormonal yang tidak menentu, sehingga bisa menyebabkan masalah kulit berminyak dan jerawat. Sedangkan faktor utama penyebab kulit berminyak adalah faktor gen atau keturunan. Walaupun faktor gen ini tidak dapat disembuhkan, tapi paling tidak kita tetap harus melakukan perawatan kulit berminyak dengan benar. Dengan melakukan perawatan yang benar dan kontinyu, efek dari kulit berminyak seperti kulit kusam, jerawat dan komedo bisa diminimalisir.

 

Tahukah anda bahwa Kulit Berminyak Akibatkan Komedo dan Jerawat? Ya, gaya hidup saat ini yang dipenuhi dengan makanan instant dan juga gorengan menyebabkan kebanyakan orang akan memiliki wajah yang berminyak sehingga bisa menyebabkan munculnya komedo dan jerawat. Bagaimana itu bisa terjadi? Komedo itu bisa terjadi akibat penyumbatan pada pori-pori kulit anda yang dapat menyebabkan pori-pori anda membesar.

Lalu bagaimana dengan jerawat? Jerawat terjadi akibat banyaknya minyak pada wajah yang menyebabkan kotoran mudah menempel sehingga menyumbat pori-pori wajah dan menyimpan kotoran tersebut ke dalam kulit wajah sehingga menimbulkan apa yang disebut dengan jerawat. Terdengar hampir sama? Sebenarnya komedo dan jerawat bisa dikatakan hampir setipe namun yang membedakan adalah hasilnya.

 

Komedo sering dikatakan sebagai jerawat yang tidak menimbulkan peradangan dan kering. Biasanya berwarna hitam dan sering kali terdapat pada bagian hidung. Sementara jerawat, lebih tinggi dari komedo dimana menimbulkan sedikit peradangan dan ada seperti cairan kotoran berwarna putih di dalamnya (terkadang jika belum dibungkus akan berbentuk cair seperti nanah). Namun pada intinya kedua masalah tersebut karena hal yang sama yaitu Kulit Berminyak Akibatkan Komedo dan Jerawat.

 

Berikut ini beberapa tipsnya  merawat kulit berminyak :

 

  1. Melakukan diet sehat dan seimbang. Konsumsi sayur dan buah-buahan. Hindari minuman bersoda, alkohol, gula, coklat dan makanan cepat saji.
  2. Bersihkan wajah secara teratur 2 kali sehari dengan pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit dan memiliki pH seimbang.
  3. Gunakan air hangat untuk membasuh wajah.Jangan gunakan air panas karena justru akan menghilangkan semua minyak, akibatnya wajah menjadi kering.
  4. Pilih kosmetik dari bahan alami dan berbahan dasar air.
  5. Minum cukup air putih. Kulit yang kekurangan cairan cenderung menjadi kering dan akan memproduksi lebih banyak minyak di wajah.
  6. Rileks dan hindari stres. Stres bisa menimbulkan masalah pada kulit. Pada kulit berminyak stres akan menimbulkan masalah jerawat dan komedo.
  7. Gunakan masker wajah untuk kulit berminyak, seperti masker tomat, masker mentimun atau masker tanah liat.
  8. Hindari penggunaan pelembab yang berlebihan karena hanya akan menutupi pori-pori dan membuat kulit semakin berminyak.
  9. Hindari penggunaan toner yang mengandung kadar alkohol tinggi. Kandungan tersebut memang bisa membuat kulit segar dan bebas minyak, namun hanya dalam jangka pendek. Kadar alkohol yang tinggi hanya akan membuat wajah berjerawat.

 

Sumber : pusatkosmetik.com

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.