VITAMIN & MINERAL TERPENTING

Untuk memelihara kesehatan tubuh yang baik, para ahli kesehatan menganjurkan intake vitamin dan mineral yang diperlukan pria dan wanita dari berbagai usia yang berbeda.

VITAMIN & MINERAL

Jika anda mengkonsumsi jumlah porsi yang dianjurkan untuk masing-masing dari 5 kelompok makanan, kemungkinan anda suda

h mendapatkan semua vitamin dan mineral yang diperlukan. Tapi survey menu

njukkan, hanya 1 dari 10 orang yang mongkonsumsi buah dan sayuran secara teratur dan kebanyakan orang dewasa gagal memenuhi jumlah RDI – recommended dietary intakes dari beberapa nutrient penting.

Berikut beberapa vitamin dan mineral terpenting dan bagaimana menggunakannya secara efektif.

VITAMIN E

Berbagai hasil penelitian menunjukkan, vitamin E bisa meningkatkan sistem imun, mencegah katarak, dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer, juga ada beberapa bukti, jahat yang bisa menyebabkan atherosclerosis dan juga dengan bertindak sebagai anticoagulant. Orang – orang yang minum suplemen vitamin E paling sedikit 100 UI per hari selama 2 tahun atau lebih, mengalami penurunan risiko penyakit jantung sampai sekitar 40%. Kebanyakan orang mendapatkan 15 mg ( sama dengan 33 IU vitamin E sintetik) setiap hari lewat makanan saja karena vitamin E terdapat di dalam makanan-makanan berlemak seperti minyak sayur, wheat germ, kacang – kacangan, dan biji – bijian. Vitamin E dengan dosis 100 sampai 400 UI sehari bermanfaat untuk kesehatan optimal.

Dosis yang terlalu banyak : dosis suplemen di atas 100 IU vitamin E per hari meningkatkan kecenderungan haemorrhage. Karena sifatnya sebagai anticoagulant, orang – orang yang mengalami pendarahan atau penyakit pembekuan darah harus konsultasi dengan dokter dulu sebelum minum suplemen vitamin E.

VITAMIN C

Walau hanya sedikit bukti bahwa vitamin C bisa mencegah pilek, beberapa hasil penelitian menunjukkan, minum dalam dosis tinggi setiap hari pada saat pilek bisa mengurangi symptom dan memperpendek waktu sakit, anda bisa mendapatkan RDI dalam 1 gelas jus jeruk isi 250 ml. dosis di atas 200 mg per hari menyebabkan pembatasan penyerapan di usus.

Dosis yang terlalu banyak : minum lebih dari 200 mg vitamin C setiap hari bisa menyebabkan kram perut, mabuk, dan diare.

VITAMIN B

Folid acid ( bentuk sintetik dari folate vitamin B), B12 dan B6 bisa melindungi jantung kita, mencegah cacad bawaan lahir, dan menjaga ingatan tetap tajam sejalan dengan pertambahan usia. Folid acid juga bisa mencegah bayi lahir cacad seperti spina bifida. Ekstra folid acid bisa ditemukan di dalam roti, tepung, beras, pasta, dan serelia sarapan pagi yang diperkaya.

Orang yang ketajamannya ingatannya menurun dibanding sebelumnya kemungkinan kekurangan  B12. Kekurangan yang parah bisa menyebabkan rasa lelah, kerusakan saraf, dan dementia. Kekurangan dalam tingkat ringan menyebabkan depresi dan binggung. Orang – orang berusia lanjut terutama berisiko kekurangan vitamin B12 karena tak bisa menyerapnya dari makanan (daging, ikan, dan ayam merupakan sumber utama B12). Karena itu para ahli kesehatan menganjurkan orang –  orang berusia 50 ke atas yang tak bisa menyerap B12 dari makanan untuk mendapatkannya lewat suplemen atau makanan yang difortifikasi.

Dosis yang terlalu banyak : Dosis di atas 1000 microgram folic acid bisa menyebabkan kekurangan B12 jadi terselubung sehingga menyebabkan kerusakan saraf. Untuk B6, jangan lebih dari 100 mg (RDI untuk orang dewasa adalah 1,6 mg). dosis yang lebih tinggi dari itu untuk jangka waktu lama bisa menyebabkan gangguan keseimbangan, baal, otot – otot jadi lemah, dan kerusakan saraf. Orang – orang di atas usia 50 yang minum folic acid juga harus minum paling sedikit 100 microgram B12 per hari.

KALSIUM

Kita perlu banyak mineral ini untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi dan mengurangi risiko osteoporosis. Para ahli menaikkan RDI untuk kalsium sampai 1000 mg untuk orang dewasa berusia sampai 50 tahun dan 1200 mg untuk usia 51 tahun ke atas atau sama dengan 3 sampai 4 gelas susu per hari. Tapi survey menunjukkan, rata – rata perempuan hanya mendapat 600 mg kalsium per hari.

Dosis yang terlalu banyak : lebih dari 2500 mg dari suplemen kalsium per hari bisa menyebabkan sembelit dan menyebabkan timbulnya masalah – masalah ginjal.

VITAMIN D

Kalsium tak aka nada artinya jika kita tidak mendapatkan kecukupan “vitamin sinar matahari” yang membuat tubuh bisa menyerap kalsium dan fosfor. Vitamin D hanya terdapat dalam sejumlah kecil makanan ( terutama terdapat di dalam susu, mentega, kuning telur, serelia yang difortifikasi) dan yang lainnya diproduksi di bawah kulit yang terpajan sinar matahari.

Dosis yang terlalu banyak : dosis harian 1000 sampai 2000 UI untuk jangka panjang bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, lelah, denyut jantung tidak teratur, kadar kalsium darah meningkat yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang parah dan penyakit – penyakit lainnya.

MAGNESIUM

Termasuk mineral lain yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Rata – rata multivitamin mensuplai 25 % dari yang kita perlukan, tapi mineral ini juga bisa didapat dari padi – padian penuh, kacang – kacangan, polong – polongan dan sayuran berdaun hijau.

Dosis yang terlalu banyak : dosis 350 mg dari suplemen bisa menyebabkan diare dan mabuk.

ZAT BESI

Kendati anak – anak, para remaja, dan kaum perempuan usia subur berisiko mempunyai kadar zat besi rendah, pria sehat dari segala golongan usia dan kaum perempuan pasca menopause umumnya tidak memerlukan suplemen disini. Pada kenyataannya suplemen zat besi untuk kelompok usia ini justru lebih banyak bahayanya di banding manfaatnya karena zat besi menumpuk di dalam tubuh. Suatu kondisi yang merupakan turunan, yang disebut haemochromatosis menyebabkan sebagian orang menyimpan terlalu banyak zat besi, meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah liver.

Dosis yang terlalu banyak :

Dosis 75 mg per hari bisa membuat suplemen zat besi menimbulkan pusing, diare, dan sakit perut. Selain itu, juga bisa menghambat penyerapan beberapa mineral.

 

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.